Jum'at, 18/01/2019 14:12 WIB

Israel Utus Kepala Mossad Berunding dengan Arab Saudi

Israel melakukan pendekan untuk menormalkan hubungannya dengan negara-negara Arab

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di Brussels, Belgia pada 11 Desember 2017 (Foto: Dursun Aydemir/Anadolu Agency)

Yerusalem  - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mempercayakan kepala Mossad, Yossi Cohen untuk membangun hubungan diplomatik antara Israel dan Arab Saudi. Media lokal melaporkan bahwa Amerika Serikat (AS) juga terlibat dalam proses tersebut.

Menurut TV Israel Hadashot, pemerintah Israel memulai proses politik untuk menormalkan hubungan bilateral antara Tel Aviv dan Riyadh dalam persiapan menuju pemilihan umum yang ditetapkan November 2019.

Pejabat pemerintah tingkat tinggi Israel yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan, mengingat ketegangan yang meningkat dengan Iran, Tel Aviv melakukan kontak dengan sejumlah negara Arab, termasuk Arab Saudi.

Dilansir dari Anadolu, kantor Netanyahu belum merilis pernyataan resmi tentang masalah ini.

Pada akhir Oktober, Netanyahu melakukan kunjungan mendadak ke Oman atas undangan penguasa negara Teluk, menurut kantor Netanyahu.

Menteri Komunikasi Israel, Ayoub Kara juga mengunjungi Uni Emirat Arab (UEA) untuk menghadiri konferensi yang diadakan di Dubai. Kunjungan serupa telah dibayar oleh Menteri Kebudayaan Israel, Miri Regev ke Abu Dhabi, di mana Israel menghadiri Kompetisi Yudo di ibukota.

Menteri Ekonomi Israel Eli Cohen juga telah diundang untuk menghadiri konferensi teknologi tinggi internasional di Bahrain, menurut media Israel.

Israel saat ini tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Bahrain, Oman, atau UEA.

TAGS : Arab Saudi Amerika Serikat Agen Mossad Israel




TERPOPULER :