Kamis, 18/04/2024 11:11 WIB

China Panggil Dubes AS Tuntut Pembebasan Bos Huawei

Wakil Menteri Luar Negeri Le Yucheng meminta AS untuk membatalkan surat perintah penangkapan kepala keuangan Huawei. China panggil Dubes AS soal penangkapan petinggi Huawei- 

Logo perusahaan Huawei

Beijing - Kementerian Luar Negeri China memanggil Duta Besar Amerika Serikat (AS) di Beijing, menuntut pembatalan surat perintah penangkapan  kepala keuangan Huawei.

Wakil Menteri Luar Negeri Le Yucheng mengajukan protes keras kepada Duta Besar Terry Branstad atas penangkapan Meng Wanzhou, menurut pernyataan kementerian, dilansir dari Anadolu.

Pada 1 Desember, Kanada menangkap Meng atas permintaan AS atas dugaan pelanggaran terhadap sanksi Iran. Selain menjabat sebagai petinggi Huawei, Meng juga merupakan putri dari pendiri perusahaan tersebut, Ren Zhengfei.

Le juga meminta Washington untuk segera membatalkan tindakannya yang salah dan mengatakan bahwa China akan memberikan tanggapan lebih lanjut tergantung pada tindakan AS.

Pada Minggu (9/12), China juga memanggil John McCallum, Duta Besar Kanada di Beijing, untuk mendesak pembebasan Meng.

Huawei adalah pemasok peralatan jaringan telekomunikasi terbesar dan produsen smartphone terbesar kedua di dunia. Gedung Putih menuduh perusahaan tersebut sebagai mata-mata militer China.

Pada Agustus, Presiden Donald Trump menandatangani undang-undang yang melarang penggunaan teknologi Huawei di kalangan pemerintah AS.

KEYWORD :

Huawei China Amerika Serikat Perang Dagang




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :