Sabtu, 20/04/2024 10:01 WIB

Perang Dagang China-AS Potensi Kambu

Eksekutif telekomunikasi China yang kemungkinan diekstradisi ke Amerika Serikat.

Kepala keuangan Huawei, Meng Wanzhou (Foto: VCG)

Beijing - Eksekutif telekomunikasi China yang kemungkinan diekstradisi ke Amerika Serikat (AS) muncul di pengadilan Jumat untuk menuntut jaminan dalam kasus yang mengguncang pasar dan menimbulkan keraguan perang dagang akan berakhir.

Jaksa pemerintah Kanada mendesak yang pengadilan tidak memberikan jaminan, mengatakan tuduhan terhadap Meng Wanzhou, kepala keuangan (CFO), raksasa telekomunikasi China Huawei, menggunakan perusahaan kerang palsu untuk mengakses pasar Iran yang bertentangan dengan sanksi AS.

Meng ditangkap di Vancouver pada 1 Desember saat transit pesawat dalam perjalanan dari Hong Kong ke Meksiko atas permintaan pihak berwenang AS. Penangkapan itu baru dipublikasikan pada Rabu (5/13).

Jaksa Kanada mengatakan, jika terbukti bersalah, putri pendiri Huawei berusia 36 tahun, Ren Zhengfei, akan dikurung penjara selama 30 tahun.

Jaksa itu mengatakan, Meng secara pribadi menyangkal kepada para bankir AS koneksi langsung apa pun antara Huawei dan SkyCom, padahal sebenarnya "SkyCom adalah Huawei".

Pelanggaran sanksi SkyCom yang berbasis di Hong Kong terjadi dari 2009 hingga 2014.

Pengacara itu mengemukakan, Meng berupaya menghindari AS sejak sadar dalam penyelidikan atas masalah tersebut, memiliki akses ke kekayaan dan koneksi yang luas, dan karena itu dapat melarikan diri dari Kanada.

Peng pengacara Meng, David Martin, membantah panggilan jaksa penuntut untuk menolak jaminan, mengatakan, "Fakta seseorang telah bekerja keras dan memiliki sumber daya luar biasa tidak dapat menjadi faktor yang akan mengecualikan mereka dari jaminan."

Ia mengatakan integritas pribadi Meng tidak akan mengizinkannya melawan perintah pengadilan, dan bahwa tidak akan mempermalukan ayah dan pendiri perusahaan dengan melanggar perintah semacam itu.

KEYWORD :

Amerika Serikat China Perang Dagang China Iran Perusahaan Huawei




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :