Senin, 10/12/2018 15:15 WIB

Masih Ingat dengan Bocah Afganistan Pengagum Messi? Kondisinya Kini Mengenaskan

Impian bocah tujuh tahun itu bertemu idolanya memang telah tercapai. Namun kini kehidupannya mengenaskan dan terlantar akibat perang di negara tersebut.

Murtaza Ahmadi (Foto: AFP)

Jakarta – Masih ingat dengan sosok Murtaza Ahmadi, bocah pengagum pesepakbola Argentina Lionel Messi, yang dua tahun lalu viral karena mengenakan jersey dari kresek?

Impian bocah tujuh tahun itu bertemu idolanya memang telah tercapai. Namun kini kehidupannya mengenaskan dan terlantar akibat perang di negara tersebut.

Dilansir dari AFP, Murtaza dan keluarganya meninggalkan rumah mereka di Provinsi Ghazni pada November lalu. Bersamanya, ratusan warga melarikan diri dari pertempuran sengit antara pasukan pemerintah dan kelompok Taliban.

Sekarang, mereka termasuk di antara ribuan orang yang diculik dan berjuang untuk tinggal di Kabul. Keluarganya juga hidup dalam ketakutan bahwa Taliban akan memburu putra mereka yang terkenal.

Foto Murtaza memakai kaos kresek bertuliskan nama Messi membanjiri jejaring sosial pada 2016 silam. Foto itu sukses menarik perhatian Messi, dan pada tahun yang sama ia bertemu idolanya di Qatar.

Messi, duta besar goodwill UNICEF, juga memberikan kepada penggemar kecilnya sebuah jersey bertanda tangan.

Namun momen membahagiakan itu tak sampai bertahan lama.

Saat ditemui akhir-akhir ini, Murtaza dan keluarganya tingga di rumah sempit di Kabul, yang mereka sewa dari keluarga miskin lainnya. Ibu Murtaza, Shafiqa menceritakan bagaimana mereka melarikan diri dari rumah mereka di Jaghori pada malam hari, setelah mendengar suara tembakan.

"Kami tidak bisa mengambil barang-barang kami, kami hanya pergi dengan hidup kami," kata Shafiqa.

Keluarga Murtaza merupakan bagian dari kelompok etnis Hazara yang beraliran Syiah, yang menjadi sasaran Taliban Sunni dalam operasi November mereka di Ghazni.

Rasa takut yang dirasakan oleh keluarga Ahmadi semakin meningkat, ketika mereka mengetahui bahwa Taliban sedang mencari nama kecil Murtaza.

"(Mereka) mengatakan jika mereka menangkapnya, mereka akan memotongnya menjadi beberapa bagian," lirih Shafiqa, dengan tatapan kosong.

Murtaza kecil, sementara itu, mengatakan ia merindukan bola dan seragamnya dari Messi.

"Saya ingin mereka kembali supaya saya bisa bermain," tuturnya.

"Aku rindu Messi," tambahnya.

"Ketika aku bertemu dengannya, aku akan mengatakan, `Salaam` dan `Bagaimana kabarmu?` Kemudian dia akan membalas ucapan terima kasih dan selamat, dan saya akan pergi bersamanya ke lapangan di mana dia akan bermain dan saya akan mengawasinya," imbuhnya.

TAGS : Murtaza Ahmadi Lionel Messi Afganistan Teror Taliban




TERPOPULER :