Selasa, 23/04/2024 16:22 WIB

Pemenang Oscar, Sean Penn Garap Film Dokumenter Pembunuhan Khashoggi

Penn yang berusia 58 tahun memenangkan Oscar sebagai aktor terbaik untuk perannya di Mystic River dan Milk.

Penn tertangpa kamerea di lokasi yang disebut tempat Khashoggi dibunuh (Foto: Halis Akyildiz / Anadolu)

Istanbul - Aktor pemenang Oscar dan pembuat film, Sean Penn dikabarkan sudah mulai menggarap film dokumenter baru tentang pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi, yang tewas di dalam konsulat Saudi di Istanbul awal tahun ini.

Menurut Anadolu, pada Rabu (5/12), Penn, ditemani sekitar 10 crew termasuk pengawal, terlihat sedang menembak di depan gedung konsulat di kota Turki. Pemenang Oscar dua kali itu juga terlihat di luar kediaman dekat konsul jenderal.

Khashoggi, kolumnis untuk Washington Post tewas dalam kunjungannya ke konsulat untuk mendapatkan dokumen terkait pernikahan pada 2 Oktober. Hingga saat ini keberadaan jenazahnya masih belum diketahui.

Dalam satu gambar yang dibagikan oleh Anadolu, Penn terlihat di luar misi di mana penulis Saudi dicekik sebelum dipotong-potong 15 petugas Saudi yang dikirim ke Istanbul.

Di tempat berbeda, Daily Sabah mengatakan, aktor ini juga akan bertemu dengan tunangan Khashoggi, Hatice Cengiz, selama kunjungannya itu.

Pembunuhan kritikus vokal pemerintah Saudi dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman, mendorong kecaman internasional dan memaksa banyak negara merenungi kembali hubungannya dengan kerajaan.

Setelah berminggu-minggu menyangkal terlibat dalam pembunuhan itu dengan pernyataannya yang bertentangan, Riyadh akhirnya mengakui  para pejabat Saudi sudah merencanakan dan mengeksekusi Khashoggi. Pihak kerajaan menyebut operasi itu dilakukan oleh tim "nakal".

CIA telah dilaporkan menilai bahwa Pangeran Mohammed, juga dikenal sebagai MBS, memerintahkan pembunuhan Khashoggi. Sejauh ini, 21 orang, termasuk petugas keamanan, telah ditangkap di Arab Saudi sehubungan dengan pembunuhan itu.

Sebelumnya, Penn menuai kontroversi setelah terjun ke dunia politik dan urusan saat ini, terutama setelah ia dan aktris Meksiko-Amerika Kate del Castillo mewawancarai raja narkoba Meksiko Joaquin "El Chapo" Guzman saat ia dalam pelarian.

Penn yang berusia 58 tahun memenangkan Oscar sebagai aktor terbaik untuk perannya di Mystic River dan Milk.

KEYWORD :

Jamal Khashoggi Arab Saudi Pemenang Oscar Dokumenter




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :