Kamis, 13/12/2018 16:37 WIB

Penguatan DPR Harus Segera Diwujudkan

Penguatan DPR RI sebagai lembaga negara harus segera dilakukan dengan mewujudkan parlemen modern. Hal itu dalam rangka penguatan sistem demokrasi di Indonesia.

Gedung DPR

Jakarta - Penguatan DPR RI sebagai lembaga negara harus segera dilakukan dengan mewujudkan parlemen modern. Hal itu dalam rangka penguatan sistem demokrasi di Indonesia.

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengatakan, mewujudkan parlemen modern adalah suatu kewajiban sebagai tonggak sistem demokrasi di tanah air.

"Karena sekarang ini kan, kita ribut-ribut terus akibat tidak kuatnya sistem check and balances-nya yang ngga kuat. Sehingga orang perlu membuat lembaga lain untuk mengontrol pemerintah," kata Fahri, di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (5/12).

Fahri yang juga Ketua Tim Implementasi Reformasi DPR itu mengatakan, penguatan parlemen harus didukung oleh eksekutif dalam hal ini presiden selaku kepala negara.

"Karena leadership-nya selama ini memang masih di eksekutif, dalam hal ini presiden," tegasnya.

Kata Fahri, peran presiden masih cukup kuat dalam mengontrol sistem pemerintahan di Indonesia. Dimana, seorang presiden bisa mengontrol banyak hal termasuk DPR sebagai lembaga legislatif.

"Bahkan kadang-kadang eksekutif atau presiden, lebih berpengaruh dari pada anggota atau pimpinan DPR sendiri. Kenapa? Karena sistem kita presidensialisme yang masih sangat kuat," tegas Fahri.

TAGS : Gedung DPR Fahri Hamzah Parlemen Modern




TERPOPULER :