Sabtu, 20/04/2024 19:35 WIB

Turki Keluarkan Surat Penangkapan Tersangka Pembunuh Khashoggi

Pemerintah Turki mengeluarkan surat penangkapan tersangka pembunuh Jamal Khashoggi.

Jurnalis Jamal Kashoggi yang dikabarkan tewas ( Foto: New York Post)

Ankara -  Jaksa Agung Istanbul mengeluarkan surat perintah penangkapan pembantu utama  penguasa de facto Arab Saudi dan wakil kepala intelijen asing atas dugaan merencanakan pembunuhan Jamal Khashoggi.

Demikian disampaikan dua pejabat Turki pada Rabu (5/12). Kantor kejaksaan menyimpulkan ada kecurigaan kuat, Saud al-Qahtani dan Jenderal Ahmed al-Asiri, yang dipecat Oktober, termasuk di antara para perencana pembunuhan 2 Oktober di konsulat Saudi di Istanbul.

"Langkah jaksa penuntut untuk mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk Asiri dan Qahtani adalah bukti bahwa pemerintah Saudi tidak akan mengambil tindakan tegas para tersangka," kata salah seorang pejabat Turki, dilansir Reuters.

Keputusan itu sehari setelah para senator senior Amerika Serikat (AS) mengatakan mereka lebih yakin dari sebelumnya, putra mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman, bertanggung jawab atas pembunuhan Khashoggi setelah menerima briefing CIA mengenai masalah itu.

Baik Partai Republik dan Demokrat mengatakan ingin meloloskan undang-undang untuk mengirim pesan ke Arab Saudi bahwa AS mengutuk kematian Khashoggi, kontributor Washington Post.

Tetapi Presiden Donald Trump dan beberapa rekan Republiknya berpendapat bahwa Washington tidak boleh mengambil tindakan yang akan mempertaruhkan hubungannya dengan Riyadh, yang dipandang sebagai penyeimbang penting di Iran di Timur Tengah.

"Komunitas internasional tampaknya meragukan komitmen Arab Saudi untuk mengadili kejahatan keji ini. Dengan mengekstradisi semua tersangka ke Turki," kata pejabat Turki itu.

Khashoggi tewas saat mengunjungi konsulat Saudi di Istanbul pada tanggal 2 Oktober. Presiden Turki Tayyip Erdogan mengatakan perintah untuk pembunuhan Khashoggi datang dari tingkat tertinggi pemerintah Saudi, tetapi mungkin bukan Raja Salman.

Arab Saudi mengatakan pangeran tidak memiliki pengetahuan sebelumnya tentang pembunuhan itu. Setelah mengeluarkan banyak penjelasan yang kontradiktif, Riyadh akhirnya mengatakan Khashoggi tewas di bunuh dan tubuhnya dimutilasi.

KEYWORD :

Jamal Khashoggi Arab Saudi Surat Perintah Penahanan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :