Sabtu, 20/04/2024 01:31 WIB

MPR Ajak Netizen Jogja Sebarluaskan Empat Pilar

acara ini adalah untuk mengajak para bloger ikut serta menyebarluaskan nilai-nilai Empat Pilar menurut cara dan gaya masing-masing bloger.

Sesjen MPR Ma’ruf Cahyono mengajak para bloger untuk ikut menyebarluaskan program MPR agar bisa diterima oleh masyarakat, termasuk generasi milenial.

Yogyakarta — Dua puluh orang warga Netizens Jogjakarta berkumpul di Hotel Satoria di Jl. Adisutjipto, Jogjakarta, Selasa malam, 4 Desember 2018. Para pengelola blog (bloger) yang semuanya berasal dari Kota Jogjakarta dan sekitarnya ini hadir di sana mengikuti kegiatan yang diberi nama “Warga Netizens Jogjakarta di Acara Ngobrol Bareng MPR.”

Acara yang melibatkan Netizens ini untuk kedua kalinya diselenggarakan di Jogjakarta, setelah kegiatan serupa pada 2016. Kepala Bagian Pengolahan Data Sistem Informasi (PDSI) Biro Humas MPR, Andrianto, selaku penanggung jawab acara, menyatakan, maksud dari acara ini adalah untuk mengajak para bloger ikut serta menyebarluaskan nilai-nilai Empat Pilar menurut cara dan gaya masing-masing bloger.

Maka acara ini tentunya untuk memberikan wawasan kepada para bloger tentang nilai -nilai Empat MPR. Tak main-main, Sesjen MPR DR. Ma’ruf Cahyono meluangkan waktunya menjadi narasumber. Para Netizens juga diajak berdiskusi dengan topik isu yang berkembang di masyarakat ditinjau dari sisi Empat Pilar MPR.

Dalam paparannya, Sesjen MPR Ma’ruf Cahyono mengajak para bloger untuk ikut menyebarluaskan program MPR agar bisa diterima oleh masyarakat, termasuk generasi milenial. Jadi, menurut Ma’ruf, bagaimana caranya agar ideologi negara, Pancasila, bisa diterima di masyarakat luas. Bahkan, bukan hanya diterima tapi paling penting adalah melaksanakan dalam kehidupan sehari-hari.

Pancasila, tegas Ma’ruf, adalah sistem nilai yang sangat abstrak. Sistem nilai ini digali dari budaya kita sendiri. Dan, kalau Pancasila ini urai satu persatu isinya sangat bagus. Ma’ruf lalu mengurai sila kelima sila dari Pancasila. Atas dasar itulah, Ma’ruf menyatakan, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) akan kuat kalau ketahanan ideologi kuat. Begitu sebaliknya, kalau ketahanan ideologi lemah maka NKRI lemah.

Maka dari itu Ma’ruf merasa perlu mentransfer nilai-nilai Empat Pilar ini kepada para Netizens. Dengan harapan para netizen dapat menerjemahkan dengan cara masing-masing untuk kemudian ditularkan ke masyarakat melalui blog masing-masing. “Kita harus punya kepedulian besar untuk mentransformasikan kepada masyarakat, terutama generasi milenial,” ujar Ma’ruf.

Begitu pula Kepala Biro Humas MPR Siti Fauziah mengajak para Netizens untuk ikut membantu MPR memasyakatkan Empat Pilar. Menurut Siti Fauziah cukup dengan satu kalimat dalam blog, itu sudah membantu menyosialisasikan Empat Pilar. Dengan cara itu, kata Siti Fauziah, para netizen ikut serta menjaga keutuhan negara, menjaga agar Pancasila tetap ada.

KEYWORD :

Netizen Media sosial Empat Pilar




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :