Rabu, 24/04/2024 16:35 WIB

Tak Asal Minum, Ini Tips Asyik Nikmati Bir

Jika tahu batasnya saat konsumsi alkohol menjadi kunci penting untuk mendapatkan manfaat dari bir.

Supaya lebih nikmat ternyata minum bir ada caranya khusus (Foto: Ecka Pramita)

Jakarta - Jika tidak dikonsumsi berlebihan, masih dalam tahap wajar mengonsumsi bir bisa menyenangkan. Karena jika tahu batasnya saat konsumsi alkohol merupakan kunci untuk mendapatkan manfaat dari bir.

Bir tidak melulu diidentikan dengan hal-hal yang negatif. Maka dari itu, untuk mengurangi stigma buruk terhadap bir di masyarakat dibutuhkan kedewasaan diri saat memutuskan untuk menyesap bir.

Hal itu dikatakan oleh Founder Beergembira Indra Isa, ia mengakui pertama kali tertarik minum bir karena baginya bir sejenis minuman komunal yang lebih asyik diminum bersama dengan teman-teman.

Nah, ternyata menurut Indra ada lho tips khusus agar minuman bir Anda terasa nikmat dan sesuai dengan ekspektasi Bagi Anda yang belum tahu, simak ya tips dari Indra berikut ini:

1. Gelas yang sesuai

Meskipun sering digunakan untuk menuang brandy atau cognac, namun untuk menangkap kestabilan aroma bir, seperti Belgian ales dan India pale ales, snifter glass merupakan pilihan gelas yang tepat.

"Kenapa gelas berpengaruh? fungsinya untuk mengikat aromanya. Pastikan gelasnya bersih dan tidak berbau," lanjut Indra.

2. Suhu bir

Disarankan menikmati bir dengan suhu lima derajat mencapai yang pas, terlalu dingin dan hangat tidak ada efek rasanya.

3. Jangan abaikan foam

Foam itu sangat penting karena fungsinya mengikat karbon agar tidak terpapar oksigen yang akan memengaruhi rasa. "Tapi harus pas ya. Idealnya 2 setengah jari untuk tinggi foam," ucap Indra.

4. Dihirup

Lihat dulu karakter bir hitam yang jika kena cahaya ada warna Ruby, lalu terasa aroma coklat malt, bisa dishake sedikit supaya aromanya naik.

5. Nikmati

Anda memasuki best part, yaitu merasakan. Nah jika Anda mengonsumsi bir dari botol disarankan untuk segera menghabiskan, sekurangnya 14 menit agar rasa tetap terjaga. 

KEYWORD :

Tips Minum Bir Minuman Alkohol




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :