Sabtu, 20/04/2024 18:44 WIB

Mesir "Ampuni" Pembunuh Mahasiswa Italia

Sumber tersebut mengatakan, Jaksa Italia menyebutkan bahwa dalam kasus pembunuhan tersebut, polisi mesir terlibat dalam mengumpulkan informasi tentang Regeni.

Poster mahasiwa Italia, Giulio Regeni yang tewas dibunuh di Mesir, Kairo (Foto: EPA)

Kairo - Pemerintah Italia menyebut beberapa polisi Mesir tersangka pembunuhan Giulio Regeni, seorang mahasiswa PhD berusia 28 tahun yang tewas di Kairo pada Januari 2016. Sayangnya Jaksa Negeri Piramida itu enggang mengindahkan Roma.

Menurut kantor berita resmi Mesir, pihak Jaksa mengatakan tidak ada bukti konkrit untuk menghukum dan memenjarakan polisi. Pihak berwenang Mesir sebelumnya menolak permintaan serupa dari Italia setahun yang lalu.

"Tuduhan itu harus didasarkan pada bukti dan bukan kecurigaan," imbau Layanan Informasi Negara Mesir dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan Minggu malam (3/12).

Jaksa penuntut umum Mesir dan Italia bertemu di Kairo pada hari Rabu (28/11) untuk membahas penyelidikan kasus Regeni, katanya, mengutip sumber peradilan, dilansir Al Jazeera.

"Jaksa Italia meminta rekannya dair Mesir untuk menyetujui pencantuman sejumlah polisi Mesir dalam daftar tersangka di Italia," tambahnya.

Sumber tersebut mengatakan, Jaksa Italia menyebutkan bahwa dalam kasus pembunuhan tersebut, polisi mesir terlibat dalam mengumpulkan informasi tentang Regeni.

Meskipun berbulan-bulan kerjasama antara jaksa Mesir dan Italia, tidak ada satu pun ditangkap atau tersangka atas  kasus pembunuhan tersebut. Pemerintah Italia menekan Mesir untuk mempercepat penyelidikan.

Mayat Regeni ditemukan, beberapa hari setelah dibunuh. Dari tubuhnya tampak mengalami penyiksaan yang disebut aktivis dan kelompok hak asasi manusia adalah hal biasa di fasilitas penahanan Mesir.

Pihak berwenang Mesir membantah keterlibatan dalam kematiannya dan awalnya menyarankan Regeni meninggal dalam kecelakaan lalu lintas. Lalu kemudian mereka mengatakan siwsa itu dibunuh geng kriminal yang kemudian disapu bersih dalam tembak-menembak dengan polisi.

Menteri luar negeri Italia pada Jumat (30/11) memanggil duta besar Mesir dan mendesak Kairo untuk menghormati komitmennya untuk bergerak cepat dan membawa ke pengadilan para tersangka atas pembunuhan Regeni, yang meneliti serikat buruh di Mesir.

Sumber-sumber peradilan di Italia juga mengatakan pekan lalu bahwa mereka akan segera berada di bawah penyelidikan resmi setidaknya dua anggota pasukan keamanan Mesir atas dugaan keterlibatan mereka dalam hilangnya Regeni.

KEYWORD :

Pembunuhan Mahasiswa Mesir Italia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :