Kamis, 25/04/2024 06:32 WIB

Dirjen PKTrans-UGM Evaluasi Pelaksanaan KKN Kawasan Transmigrasi

Evaluasi tersebut dilakukan kedua belah pihak untuk menyempurnakan dan meningkatkan kualitas pelaksanaan program dan kegiatan KKN tahun berikutnya.

Pertemuan evaluasi pelaksaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilakukan Direktorat Jenderal Pengembangan Kawasan Transmigrasi (PKTrans) pada Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi bersama Universitas Gajah Mada.

Jakarta - Direktorat Jenderal Pengembangan Kawasan Transmigrasi (PKTrans) pada  Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi bersama Universitas Gajah Mada mengadakan acara evaluasi pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Revitalisasi Kawasan Transmigrasi dan Pemilihan Video Terbaik  di Hotel Aston Yogyakarta, Minggu (2/12/2018)

Evaluasi tersebut dilakukan kedua belah pihak untuk menyempurnakan dan meningkatkan kualitas pelaksanaan program dan kegiatan KKN tahun berikutnya. Melalui perencanaan program dan kegiatan yang matang dan sudah dipersiapkan dengan lebih baik, merupakan strategi untuk mengurangi potensi masalah yang akan muncul di tahun depan.

Acara yang diadakan di Kota Pelajar itu, dibuka secara resmi oleh Direktur Pengembangan Sosial Budaya Transmigrasi, Dewi Yuliani dan dihadiri oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pengembangan Kawasan Transmigrasi, Arif Pribadi, Direktur Promosi dan Kemitraan, Heriyanto, Direktur Pembangunan dan Pengembangan Sarana dan Prasarana, Sigit Mustopa Nuruddin.

Dari UGM, dihadiri Kasubdit KKN Direktorat Pengabdian Kepada Masyarakat, Ambar Kusumandari, Koordinator Task Force KKN, Djarot Heru Santosa, para Dosen Pendamping Lapangan dan mahasiswa UGM yang terlibat KKN Tematik di Kawasan Transmigrasi.

“Ke depan, kegiatan KKN diarahkan sebagai upaya mempercepat kemandirian dan kesejahteraan kawasan melalui kegiatan-kegiatan pemberdayaan masyarakat," ujar Arif Pribadi, Sekretaris Ditjen Pengembangan Kawasan Transmigrasi dalam sambutannya.

Dikatakan Arif lagi, hal itu karena adanya berbagai peta data dan informasi kawasan yang dibuat mahasiswa KKN serta proyeksi model-model  pengembangan usaha pertanian. "Dan sosial ekonomi masyarakat di kawasan transmigrasi akan sangat bermanfaat dalam mencapai sasaran kegiatan," ujarnya.

Dari sejumlah video yang masuk dalam kompetisi, terpilih menjadi juara satu video dari mahasiswa KKN di Kawasan Perkotaan Baru (KPB) Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Pemenang juara satu mendapatkan hadiah uang tunai sebesar lima juta rupiah yang diserahkan langsung Sekretaris Ditjen PKTrans.

Juara dua, mendapatkan hadiah 4,5 juta rupiah diberikan kepada video mahasiswa KKN di KPB Bungku, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah. Sedangkan juara tiga, mendapatkan hadiah 4 juta rupiah diberikan kepada video mahasiswa KKN di KPB Mesuji, Kabupaten Mesuji, Lampung.

Pemberian hadiah kepada pemenang sebagai bentuk apresiasi Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi kepada mahasiswa yang telah memberikan ilmu serta pengabdiannya kepada masyarakat di wilayah permukiman transmigrasi.

KEYWORD :

Percepatan Pembangunan Kawasan Transmigrasi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :