Selasa, 23/04/2024 15:07 WIB

Lion Air Terancam Tak Beli Pesawat Boeing Lagi

Lion Air Indonesia sedang mengkaji pembelian pesawat terbang dari Boeing Co dan tidak mengesampingkan pembatalan pesanan karena hubungan memburuk 

Ilustrasi Pesawat Lion Air

Jakarta - Lion Air Indonesia sedang mengkaji pembelian pesawat terbang dari Boeing Co dan tidak mengesampingkan pembatalan pesanan karena hubungan memburuk akibat meluasnya tanggung jawab atas kecelakaan pesawat 737 yang menewaskan 189 orang pada akhir Oktober lalu.

Co-founder Rusdi Kirana sangat marah atas apa yang dia anggap sebagai upaya oleh Boeing untuk mengalihkan perhatian dari perubahan desain baru-baru ini dan menyalahkan Lion Air atas kecelakaan itu, sementara perusahaan penerbangan menghadapi pengawasan atas catatan pemeliharaan dan tindakan pilotnya.

Kirana sedang memeriksa kemungkinan membatalkan pesanan yang tersisa dari jet Boeing dari pengiriman berikutnya.

Sumber lain yang dekat dengan maskapai itu mengatakan kepada Reuters bahwa mereka sedang mempertimbangkan untuk membatalkan pesanan.

Tidak ada keputusan akhir yang dibuat, tetapi diskusi tentang nasib $ 22 miluar dari pesanan yang tersisa menyoroti taruhan seputar investigasi yang melibatkan jet penjualan tercepat Boeing, 737 MAX, yang memasuki layanan tahun lalu.

Lion Air memiliki 190 jet Boeing senilai $ 22 miliar di daftar harga yang menunggu untuk dikirim, di atas 197 sudah diambil, menjadikannya salah satu pelanggan ekspor terbesar AS.

Setiap permintaan untuk membatalkan dapat dirancang untuk memberikan tekanan pada Boeing dan kemungkinan akan memicu negosiasi yang ekstensif.

Banyak maskapai yang menunda pesanan, tetapi sumber-sumber industri mengatakan pemasok ruang angkasa jarang memungkinkan banyak ruang untuk pembatalan sepihak.

Seorang juru bicara Boeing mengatakan: "Kami mengambil setiap langkah untuk sepenuhnya memahami semua aspek dari kecelakaan ini, dan bekerja sama dengan tim penyelidik dan semua pihak berwenang yang terlibat. Kami juga mendukung pelanggan kami yang berharga melalui waktu yang sangat sulit ini."

KEYWORD :

Pesawat Jatuh Lion Air Maskapai Penerbangan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :