Jum'at, 19/04/2024 00:35 WIB

Kompetisi Ketiga selain Champions dan Eropa Direstui UEFA

Belum diketahui pasti apa nama yang akan dipilih oleh UEFA. Namun dilansir dari Marca, liga selevel Eropa ini untuk sementara bernama Liga Eropa 2 atau Europa League 2.

Selebrasi kemenangan Real Madrid kala memenangi Liga Champions musim lalu

Jakarta – Komite Eksekutif UEFA akhirnya menyetujui kompetisi klub ketiga untuk klub-klub Eropa, di luar Liga Champions dan Liga Eropa. Pertandingan untuk kompetisi tersebut rencananya akan digelar antara 2021 hingga 2024 mendatang.

Belum diketahui pasti apa nama yang akan dipilih oleh UEFA. Namun dilansir dari Marca, liga selevel Eropa ini untuk sementara bernama Liga Eropa 2 atau Europa League 2.

“Kompetisi inklusif berarti lebih banyak permainan untuk klub, dan lebih banyak federasi,” kata Presiden UEFA Aleksander Ceferin, pada Senin (3/12).

Liga Eropa 2 akan menyerupai format Liga Champions dan Liga Eropa saat ini, yakni dengan 32 tim yang dibagi dalam delapan grup. Selanjutnya akan ada babak 16 besar, perempat final, semi final, dan final.

Selain itu, sebelum babak 16 besar juga akan ada babak play-off antara tim yang menempati posisi kedua di masing-masing grup, dengan tim yang berada di peringkat ketiga dalam grup.

Totalnya, sebanyak 141 pertandingan akan dimaikan selama 15 minggu, dengan pemenang akan mendapatkan tempat di Liga Eropa untuk musim berikutnya.

Ceferin menerangkan, pertandingan Liga Eropa 2 akan dimainkan bersamaan dengan jadwal Liga Eropa, yakni Jumat dini hari. Sementara Liga Champions akan digelar seperti biasa, Rabu dan Kamis.

Final dari ketiga kompetisi UEFA, seluruhnya akan dimainkan dalam minggu yang sama. Liga Eropa 2 pada Kamis, Liga Eropa pada Jumat, dan terakhir Liga Champions pada Minggu dini hari.

“Klub kompetisi baru UEFA membuat kompetisi lebih inklusif dari sebelumnya,” terang Ceferin.

“Akan ada lebih banyak pertandingan untuk lebih banyak klub, dengan federasi yang lebih terwakili di babak penyisihan grup,” tandasnya.

KEYWORD :

Liga Eropa 2 Champions Kompetisi UEFA




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :