Jum'at, 19/04/2024 04:29 WIB

Trump Bersedia Jadi "Pelayannya" Pemimpin Korut

Trump kemungkinan akan bertemu pemimpin Korea Utara untuk kedua kalinya pada Januari atau Februari.

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (Foto: AFP)

Seoul -  Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump menyukai pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un mengetahui bahwa dirinya menyukainya dan akan bersedia memenuhi keinginannya.

Begitu kata Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, sehari setelah bertemu dengan presiden AS pada KTT ekonomi di Argentina, dan sesaat setelah memulai kunjungan kenegaraan tiga hari pada Minggu (2/12).

Moon, yang akan menjadi tuan rumah Kim Jong Un, yang disepakati awal tahun ini, mengatakan Trump  memintanya untuk menyampaikan kabar tersebut.

"Pesannya adalah bahwa Presiden Trump memiliki pandangan yang sangat baik terhadap Pemimpin Kim dan dia sangat menyukainya," kata Moon kepada wartawan di sebuah penerbangan dari Argentina ke Selandia Baru.

"Karena itu, Trump meminta saya untuk memberi tahu Pemimpin Kim bahwa ia ingin menerapkan sisa perjanjian mereka bersama dan ia akan memenuhi keinginan Ketua Kim," sambungnya.

Trump, yang bertemu Kim Jong Un di Singapura pada Juni, di sela-sela KKT G20 mengatakan, dirinya kemungkinan akan bertemu pemimpin Korea Utara untuk kedua kalinya pada Januari atau Februari.

"Kami bergaul dengan sangat baik. Kami memiliki hubungan yang baik," kata Trump kepada wartawan di Air Force One sekembalinya dari KTT G20.

Trump menambahkan, pada titik tertentu ia akan mengundang Kim ke Amerika Serikat. Pada bulan Juni, Trump dan Kim membuka dialog tatap muka setelah berbulan-bulan melepaskab ancaman militer satu sama lain.

Kedua pemimpin itu menandatangani dokumen samar-samar tentang denuklirisasi, tetapi kemajuan sejak itu terhenti ketika Washington dan Pyongyang berdebat mengenai makna dokumen itu.

Korea Utara telah mengambil beberapa langkah konkrit untuk meninggalkan program rudal nuklir dan balistiknya.

Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo akan bertemu pejabat tinggi Korea Utara pada awal November, tetapi pertemuan itu tiba-tiba dibatalkan, Pyongyang bersikeras bahwa Washington meringankan sanksi.

KEYWORD :

KTT G20 Ekonomi Dunia Donald Trump Amerika Serikat Korea Utara




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :