Kamis, 25/04/2024 08:24 WIB

Mengembalikan Kopi Tubruk sebagai Ciri Khas Indonesia

True Brew Competitionmengajak Barista berkompetsi membudayakan kopi tubruk khas Indonesia.

Ilustrasi Kopi

Jakarta - Bagi sebagian besar pecinta kopi di Indonesia, mendengar kata Kopi Tubruk merupakan hal yang tdak asing lagi. Jenis minuman kopi ini merupakan kopi hitam yang paling sederhana dan banyak digemari kalangan pecinta kopi.

Ketika menikmat secangkir kopi tubruk yang diseduh secara manuai ini, ampas dari kopi yang diseduh masih tersisa banyak. Ada yang menikmatnya langsung setelah diaduk dan ada pula yang menikmat ketka seluruh ampas sudah mengendap.Cara membuatnya memang sederhana, namun rasa yang dihasilkan bisa menjadi sesuatu yang sangat berkelas.

Menurut Coffee Expert Uji Aspirin,, budaya tubruk ini sendiri memang sudah dikenal di berbagai pelosok Indonesia sejak jaman dahulu.

`Uniknya teknik menyeduh yang sering dilabeli dengan kata `tradisional` ini sebenarnya justru cara menyeduh kopi yang sesuai dengan standar internasional atau yang kita kenal sekarang dengan istilah cupping," ucap Uji yang memiliki kedai kopi Ranin di Bogor.

Bila teknik ini dipakai untuk menyeduh beragam jenis kopi yang dihasilkan di Indonesia, sepert Kopi Gayo, Kopi Sumatera, Kopi Sumbawa, Kopi Kintamani, Kopi Aceh dan banyak yang lainnya, maka budaya membuat dan menyeruput kopi tubruk khas Indonesia dapat dikembangkan menjadi salah satu primadona promosi wisata kuliner di Indonesia.

Posisi Indonesia sebagai negara penghasil kopi terbesar keempat di dunia dengan sebaran ekosistem kopi di Indonesia yang sangat luas, mulai dari hulu hingga ke hilir, menciptakan peluang untuk mempromosikan Indonesia sebagai negeri yang memiliki Budaya Kopi atau Cofee Culture.

Kopi Tubruk tak hanya bisa dipromosikan ke level internasional melalui berbagai gerai kedai kopi modern (Cofee Shop) yan.menjamur di mana-mana, namun bahkan bisa digelar dalam sebuah event kopi yang tak kalah besar dari yang sudah lebih dulu diselenggarakan sepert di Brazil, Ho Chi Minh dan Costa Rica.

Coffeculture.id sebagai situs yang mengulas tentang Budaya Kopi melihat potensi budaya kopi ini sebagai sesuatu yang harus segera diangkat ke ranah publik. Salah satu cara yang dilakukan adalah.dengan menggelar sebuah kompetsi bagi para Barista untuk melakukan manual brewing kopi tubruk yaitu True Brew Competton.

Kompetisi ini akan diadakan besok (3/1) di The Dharmawangsa Hotel, Jakarta. Pendafaran sudah mulai dibuka sejak 27 November 2018 pukul 09.00.
WIB dan ditutup pada tanggal 30 November 2018 pukul 17.00 WIB.

 

KEYWORD :

Kopi Indonesia Kopi Tubruk True Brew Competition




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :