Sabtu, 20/04/2024 06:59 WIB

Trump Kembali Menolak Tunduk pada Perubahan Iklim Paris

Hanya 19 dari kelompok tersebut setuju mendukung perjanjian Paris tentang iklim.

Anggota G20 melakukan foto bersama (Foto: AF)

Argentina - Para pemimpin Kelompok 20 telah menemukan titik temu untuk memperbaiki ekonomi global setelah melalui pembicaraan yang rumit. Hanya 19 dari kelompok tersebut setuju mendukung perjanjian Paris tentang iklim.

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump berbeda sendiri dari  mitra G20-nya di KTT di ibu kota, Buenos Aires. Ia menolak mendukung aksi bersama mengenai perubahan iklim, dan mengugurkan janji kampanyenya, melawan proteksionisme perdagangan.

Kesepakatan akhir pada Sabtu (1/12) waktu setempat, mengatakan semua anggota G20 lainnya setuju mematuhi Kesepakatan Paris (Paris Agreement, Red) yang tidak dapat diubah sembari menghormati langkah pembangunan ekonomi yang berbeda.

Namun, disebutkan, keputusan Washington keluar dari Kesepakatan Paris, adalah hal yang serupa terjdi tahun lalu ketika Trump saat itu mengejutkan inssan internasional dengan melanggar konsensus pada G20 pertamanya.

Pernyataan itu juga menghilangkan janji  G20  melawan proteksionisme dan menegakkan aturan perdagangan multilateral, yang dulunya menjadi andalan ekonomi terkemuka di dunia pada era pra-Trump.

Sebaliknya, kelompok tersebut hanya mengakui kontribusi dari sistem perdagangan multilateral dan menambahkan bahwa G20 gagal dalam tujuan pertumbuhan dan penciptaan lapangan kerja.

KEYWORD :

KTT G20 Perubahan Iklim Ekonomi Dunia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :