Jum'at, 19/04/2024 12:15 WIB

Peristiwa Sejarah 30 November

Tanggal 30 November tentu menjadi momen duka bagi para pecinta film Hollywood. Pasalnya, di tanggal tersebut kecelakaan mobil di California Selatan membunuh aktor Paul Walker, 40, dan temannya, Roger Rodas pemeran dalam film seri The Fast & the Furious.

Fast and Furious 9

Jakarta - Tanggal 30 November tentu menjadi momen duka bagi para pecinta film Hollywood. Pasalnya, di tanggal tersebut kecelakaan mobil di California Selatan membunuh aktor Paul Walker, 40, dan temannya, Roger Rodas pemeran dalam film seri The Fast & the Furious.

Selain itu, masih banyak peristiwa sejarah yang terjadi pada tanggal tersebut sebagai berikut:

1731 - Serangkaian gempa bumi melanda Cina. Lebih dari 100.000 orang meninggal.

1782 - Artikel-artikel perdamaian awal yang secara resmi mengakhiri Perang Revolusi Amerika ditandatangani di Paris.

1913 - Charles Chaplin membuat debut layarnya dalam film pendek Mack Sennett, Making a Living .

1962 - U Thant dari Burma menjadi Sekretaris Jenderal PBB menggantikan Dag Hammarskjöld yang tewas pada bulan September.

1966 - Barbados merdeka dari Britania Raya.

1971 - Iran merebut Tunb Besar dan Kecil dari Uni Emirat Arab.

1939, Perang Rusia-Finlandia - juga dikenal sebagai Perang Musim Dingin - dimulai setelah Uni Soviet gagal mendapatkan konsesi teritorial dari Finlandia. Perang dimulai dengan pemboman Helsinki.

1954 - Sebuah meteorit menabrak atap sebuah rumah di Sylacauga, Ala., Mencolok Elizabeth Hodges, yang sedang tidur di sofa, di pinggul. Batu luar angkasa adalah meteorit sulfida seberat 8,5 pon dan panjangnya 7 inci.

1975 - Israel menarik diri dari koridor sepanjang 93 mil di sepanjang Teluk Suez sebagai bagian dari perjanjian damai sementara dengan Mesir. Israel merebut ladang minyak di sepanjang koridor dalam Perang Enam Hari 1967 dengan Mesir, Yordania dan Suriah.

1988 - Uni Soviet menghentikan siaran jamming Radio Free Europe untuk pertama kalinya dalam 30 tahun.

1989 - Pembunuh berantai Aileen Wuornos membunuhnya pertama dari tujuh korban di Volusia County, Fla., Richard Mallory. Dia mengaku membela diri, tetapi dihukum karena pembunuhan dan dieksekusi pada tahun 2002 .

1993 - Presiden Bill Clinton menandatangani RUU Brady menjadi undang-undang , tindakan pengendalian senjata nasional yang paling jauh diundangkan dalam satu dekade. Itu dinamai sekretaris pers Gedung Putih James Brady, yang terluka dalam upaya pembunuhan terhadap Presiden Ronald Reagan

2004 - Pesawat MD-82 Lion Air bernomor penerbangan JT 538 tergelincir saat melakukan pendaratan di Bandara Adisumarmo, Surakarta dalam penerbangan dari Jakarta pada pukul 18.15 WIB; 26 orang tewas dan 61 lainnya luka-luka.

2004, Ken Jennings kalah di acara game AS Jeopardy! setelah memenangkan 74 pertandingan dan $ 2,5 juta.

2005 - Transplantasi parsial wajah pertama di dunia dilakukan di Perancis. Seorang wanita yang digigit anjing diberi hidung baru, bibir dan dagu.

2007 - Sebuah pesawat Atlasjet Airlines jatuh di dekat Ispart, Turki, bandara, menewaskan semua 56 orang di dalamnya.

2012 - Demonstrasi meletus di Kairo segera setelah anggota parlemen meloloskan Deklarasi Konstitusi yang memberi kekuasaan dekat kekuasaan absolut kepada Presiden Mohamed Morsi. Morsi akan digulingkan oleh militer tujuh bulan kemudian.

2012 - Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa mengesahkan Palestina sebagai Pengamat Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa.

2013 - Kecelakaan mobil berapi-api di California Selatan membunuh aktor Paul Walker, 40, dan temannya, Roger Rodas. Walker mungkin paling dikenal karena perannya dalam film seri The Fast & the Furious .

2017 - Russell Simmons mengumumkan ia mengundurkan diri dari bisnisnya - Def Jam Recordings dan Rush Communications - setelah dituduh melakukan pelecehan seksual.

 

KEYWORD :

Peristiwa Sejarah Bulan November




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :