Rabu, 24/04/2024 12:46 WIB

Kebiasaan Mencampur Skincare Bikin Masalah pada Kulit

Tren skincare yang makin berkembang membuat Anda penasaran mencoba bahkan menggunakan campuran satu produk atau lebih, amankah?

Kebiasaan pakai campur-campur skincare bisa timbulkan masalah bagi kulit Anda (Foto : Boldsky)

Jakarta - Bisa jadi Anda pernah mencampur kosmetik satu dengan kosmetik lainnya paling tidak satu kali. Misalnya mencampur krim pagi satu dengan yang lain. Atau dalam waktu dalam bersamaan menggunakan krim dan toner berbeda.

Hal ini dilakukan biasanya untuk memperoleh hasil yang maksimal atau untuk menghemat pengeluaran. Namun tahukah Anda kalau kebiasaan ini sebenarnya miliki efek samping bagi kulit.

Kebiasaan mencampur skincare ternyata bisa menimbulkan masalah pada kulit yang serius. Sebab tiap produk memiliki kandungan tersendiri yang belum tentu cocok jika dicampur dengan kandungan lain dari produk lain.

Lalu yang jadi persoalan kalau pakai bermacam-macam produk, bisa kelebihan dosis pakai. Beda kalau konsultasi dengan dokter yang memberi informasi lebih detail pemakaian skincare yang aman.

Ketua Studi Dermatologi Kosmetik Indonesia (KSDKI) PERDOSKI, Dr. Abraham Arimuko Sp.KK, FINSDV, FAADV mencontohkan seperti penggunaan pelembab yang sudah mengandung sunscreen atau krim pelindung matahari, tapi yang terjadi kembali menambahkan sunscreen dengan merk lain.

"Double krim belum tentu juga cocok untuk kulit kita. Produk ini mungkin terlalu berminyak sehingga kalau di-double menutup pori-pori jadi jerawat," ungkap dokter yang baru saja menghadiri pertemuan ilmiah di Roma ini.

Padahal, kata dr Abraham jika menggunakan sesuai dengan rangkaian dalam satu merk, erusahaan sudah memiliki tolok ukur dalam setiap produk yang pas dengan produk-produk lainnya saat digunakan bersamaan. 

KEYWORD :

Masalah Kulit Efek Samping Campur Skincare




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :