Senin, 26/08/2019 14:56 WIB

Pilihlah Nutrisi yang Mudah Diserap Tubuh

Mikroorganisme hidup yang disebut probiotik bila dikonsumsi dalam jumlah cukup bermanfaat untuk kesehatan.

Peran probiotik tidak berhenti di dalam saluran cerna saja, tapi juga berperan dalam tumbuh kembang bahkan kebahagiaan anak (Foto: Nestle)

Jakarta - Sudah tidak diragukan lagi bahwa tumbuh kembang optimal dan kebahagiaan anak merupakan prioritas bagi para orang tua, baik dari segi stimulasi maupun asupan nutrisi.

Terlebih mengenai asupan nutrisi, hal-hal yang diperhatikan bukan lagi fokus hanya pada jumlah, namun pada jenis dan kualitas nutrisi yang dikonsumsi.

Ketua Departemen Anak University Hospital Brussels, Belgia Prof. Yvan Vandenplas mengatakan perihal asupan nutrisi, pemilihan jenis dan kualitas makanan menjadi kunci utama.

"Namun hal yang tidak kalah penting adalah penyerapan nutrisi. Nutrisi yang dipilih untuk dikonsumsi, sebaiknya juga dipastikan agar dapat diserap dengan baik dan memberi manfaat bagi tubuh, baik untuk pertumbuhan maupun perkembangan," ujarnya dalam Nutrition Masterclass yang diinisiasi Nestle, Kamis (28/11).

Menurut Prof. Yvan agar penyerapan nutrisi ke dalam tubuh dapat bekerja dengan baik, kondisi saluran cerna harus optimal dan sehat.

"Kesehatan saluran cerna itu sendiri sangat bergantung pada kesehatan mikrobiota usus, di mana mikrobiota usus yang sehat ditunjukkan oleh jumlah bakteri baik (probiotik) yang lebih dominan dibandingkan jumlah bakteri jahat (patogen)," jelasnya.

Salah satu upaya yang cukup mudah dilakukan untuk menjaga kesehatan saluran, yaitu dengan mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik; seperti yang terdapat dalam produk
berbasis susu.

Mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik dapat membantu peningkatan jumlah bakteri baik di dalam saluran cerna sehingga kesehatan saluran cerna lebih terjaga.

Peran probiotik itu sendiri tidak berhenti di dalam saluran cerna saja, tapi juga berperan dalam tumbuh kembang bahkan kebahagiaan anak. Bagaimana bisa?

"Saluran cerna sehat, yang didukung oleh kandungan probiotik, ternyata merupakan fondasi utama bagi pertumbuhan dan perkembangan anak (termasuk daya tahan tubuh dan perkembangan otak), juga menjadi fondasi untuk suasana hati atau kebahagiaan anak," tambahnya.

TAGS : Manfaat Probiotik Penyerapan Nutrisi




TERPOPULER :