Senin, 24/06/2019 16:24 WIB

Paparan Sinar Gadget Bikin Penuaan Dini

Sinar UV juga ada di malam hari, tapi bukan berasal dari matahari, melainkan sinar dari paparan layar gadget. 

Konsep perawatan dengan bahan botanical atau alami menjadi salah satu tren skincare ke depan (Foto: Ecka Pramita)

Jakarta - Tahukah Anda Sinar matahari merupakan sumber utama sinar UV yang dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit, menimbulkan bintik hitam, pigmentasi, warna kulit tidak merata dan kusam.

Penelitian dalam jurnal American Academy of Dermatology menyebutkan, perangkat elektronik seperti TV, komputer, gadget juga memancarkan radiasi sinar UV.

Meskipun radiasinya tergolong rendah, intensitas sinar UV dari perangkat tersebut secara kumulatif juga dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. Jika disimpulkan, kulit yang terpapar sinar UV terus menerus baik dari dalam maupun luar ruangan akan terganggu kesehatannya.

Ketua Studi Dermatologi Kosmetik Indonesia (KSDKI) PERDOSKI, Dr. Abraham Arimuko Sp.KK, FINSDV, FAADV, kulit sehat dapat dilihat dari warna kulit yang merata, serta tekstur kulit yang halus dan lembut. Lalu bagaimana untuk mencegah dan merawatnya?

“Pencegahan paling signifikan yaitu pemakaian UV filter yang idealnya harus aman, nyaman, efektif dan bagus secara kosmetik.

Untuk perawatannya, bisa dilakukan dengan pola hidup sehat, rawat kulit sesuai jenis kulit dan kebutuhannya, penggunaan produk yang aman dan cocok untuk kulit, dan ke dokter bila perlu,” tegasnya.

Diakui atau tidak gaya hidup masa kini, banyak yang mengunakan gadget sesaat sebelum tidur dengan kondisi ruangan yang gelap. Kebiasaan itu bahkan bisa berlangsung sangat lama.

Sebagai perusahaan kosmetik, Esthetics Internasional Group (EIG), telah resmi merilis rangkaian produk perawatan wajah yang diklaim mampu memperlambat penuaan dini karena sinar matahari dan paparan sinar layar gadget.

"Clinelle menambahkan manfaat yang didapat dari Great Mullein Flower Exctract dalam formulasi produk WhitenUp Brightening Night Cream yang efektif membangu proses pencerahan kulit lebih cepat," ujar Beatrix Pratisi, FMCG Marketing EIG Indonesia saat peluncuran produk di Jakarta, Kamis (29/11).

TAGS : Sinar UV Radiasi Gadget Penuaan Dini




TERPOPULER :