Sabtu, 20/04/2024 16:41 WIB

Jantung Sehat Mulai dari Makan Sayur dan Buah

Melalui konsumsi sayuran seseorang akan memperoleh kesehatan jantung yang lebih prima.

Kesehatan jantung Anda dimulai dari konsumsi sayur dan buah (Foto: Shutterstock)

Jakarta - Para ahli medis, terutama ahli organ dalam menyepakati bahwa penyakit jantung ditimbulkan oleh faktor-faktor yang dapat dicegah. Kontribusi faktor genetis terhadap penyakit jantung yang berujung pada kematian dinilai relatif lebih kecil dibandingkan dengan faktor eksternal. Namun gagasan demikian relatif baru dalam dunia medis.

Sekitar akhir 1970an para ilmuwan medis Barat beralih meneliti faktor-faktor eksternal penyebab penyakit jantung seperti makanan, olahraga dan konseling kelompok.

Analisis bahwa makanan sebagai salah satu sumber pemicu penyakit jantung kiranya sungguh tepat, di tengah maraknya tren konsumerisme makanan siap saji, junkfood yang jauh dari mutu gizi. Sebenarnya gizi dan vitamin banyak terkandung dalam sayuran dan buah-buahan.

Dr. Susianto Tsen mengatakan sayur merupakan makanan sehat, rendah lemak, kaya vitamin yang menyehatkan. Para ahli kesehatan sangat menyarankan mengonsumsi sayuran yang cukup setiap hari.

“Generasi kita kekurangan konsumsi sayur dan buah, hanya 8 persen saja yang mengonsumsi,” ujar dokter yang juga seorang Vegan ini. Mengonsumsi sayur dan buah harus dibiasakan sedari kecil, peran orang tua dalam hal ini sangat penting.

Sayuran kaya akan zat anti oksidan yang mencegah risiko kanker. Mengonsumsi sayur dalam jumlah cukup setiap hari akan menghindarkan seseorang dari risiko obesitas.

Selain itu sayuran bermanfaat menstabilkan tekanan darah, beberapa sayuran tertentu bermanfaat menurunkan sekaligus menaikkan darah dengan baik. Demikian pula dengan kesehatan jantung, melalui konsumsi sayuran seseorang akan memperoleh kesehatan jantung yang prima.

“Cara untuk mendapatkan jantung sehat selain rutin olahraga, konsumsi air putih cukup, juga mengonsumsi sayuran cukup,” tambah Susianto

KEYWORD :

Jantung Sehat Sayur Buah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :