Sabtu, 20/04/2024 06:14 WIB

Ilmuwan Temukan Kebenaran Soal Foto Van Gogh

Para ahli mengungkapkan bahwa gambar itu kemungkinan besar bukan pelukis

Lukisan Vincent Van Gogh (Foto: AFP)

Amsterdam - Selama beberapa dekade, foto lawas sosok pemuda bermata cerah di museum Amsterdam, diyakini sebagai seniman legendaris Vincent Van Gogh yang diambil saat ia berusia 13 tahun.

Namun kini para ahli mengungkapkan bahwa gambar itu kemungkinan besar bukan pelukis "Sunflowers" asal Belanda, melainkan kakaknya Theo, yang berusia 15 tahun pada saat itu.

Sebelumnya, Museum Van Gogh di Amsterdam pernah mengumumkan penemuan dua foto Vincent yang muncul di antara lusinan buku. Temuan itu sempat membuat publik tercengang.

"Dengan penemuan ini kami yakin foto itu potret Theo yang lebih kaya," kata Direktur Museum Van Gogh Axel Rutger dilansir dari AFP, pada Jumat (30/11).

"Tentu saja ada sedikit kekecewaan, karena kami memiliki begitu sedikit foto Vincent van Gogh, dan sekarang kami bahkan memiliki satu lagi kurang," lanjutnya.

"Tapi di sisi lain, tentu saja aku selalu senang jika Anda bisa menemukan lebih banyak kebenaran," imbuh Axel.

Vincent Van Gogh dikenal karena potret dirinya yang berwarna-warni dan bergolak secara emosional dalam sentuhan cat minyak. Dalam satu dari dua foto yang sebelumnya diperoleh, ia menunjukkan wajah enggan di depan kamera.

Van Gogh melakukan bunuh diri pada usia 37 tahun pada 1890 silam, setelah kehidupannya bergejolak secara emosional, yang dirinci dalam korespondensi bertahun-tahun dengan Theo, seorang pedagang seni yang mendukung seniman tersebut secara emosional dan finansial.

"Ketika saya mendengar bahwa ini kemungkinan besar gambar kakek buyut saya Theo dan bukan Vincent, saya terkejut, tetapi saya senang bahwa misteri itu telah terpecahkan," ungkap cicit Theo, Willem van Gogh. Kini ia menjadi penasihat dewan Museum Van Gogh.

KEYWORD :

Van Gogh Seniman Belanda




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :