Selasa, 23/04/2024 23:58 WIB

Terapi Sauna Bikin Jantung Sehat

berkeringat di sauna secara teratur bermanfaat untuk penurunan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular (penyakit jantung) di atas usia 50-an.

Ilustrasi terapi sauna

Jakarta - Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal BMC menunjukkan bahwa berkeringat di sauna secara teratur bermanfaat untuk penurunan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular (penyakit jantung) di atas usia 50-an.

"Risiko yang lebih rendah untuk pria dan wanita terkait dengan jumlah waktu yang dihabiskan mandi serta frekuensi penggunaan dengan latihan fisik ringan," kata para peneliti dikutip Theisland.

Penelitian itu menyelidiki hubungan antara penghiburan Finish tradisional dan CVD, sebuah istilah untuk kondisi yang mempengaruhi jantung atau pembuluh darah dan salah satu penyebab utama kematian di Australia.

Para peneliti mempelajari kebiasaan mandi dari 1688 orang di atas usia 50-an di Finlandia, sekitar setengahnya adalah wanita, dan menindaklanjuti kesehatan mereka setelah sekitar 15 tahun.

Dalam penelitian itu menunjukkan mereka yang rutin di sauna empat hingga tujuh kali seminggu menyumbang kurang dari tiga kematian per 1.000 orang dalam setahun.

Profesor Jari Laukkanen, seorang peneliti di Universitas Eastern Finland, mengatakan temuan penting dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan sauna yang lebih teratur dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah dari CVD pada wanita paruh baya sampai lansia serta pada pria.

"Ada beberapa kemungkinan alasan mengapa penggunaan sauna dapat menurunkan risiko kematian akibat CVD. Tim peneliti kami telah menunjukkan dalam studi sebelumnya bahwa penggunaan sauna yang tinggi dikaitkan dengan tekanan darah yang lebih rendah," katanya.

"Selain itu, penggunaan sauna diketahui memicu peningkatan denyut jantung sama dengan yang terlihat dalam latihan fisik intensitas rendah hingga sedang."

Kematian dari CVD juga ditemukan menurun dengan waktu yang dihabiskan di sauna, dengan mereka yang menghabiskan lebih dari 45 menit per minggu untuk mandi 5,1 kematian per 1.000 orang tahun. Ini dibandingkan dengan 9,6 untuk mereka yang menghabiskan kurang dari 15 menit di sauna dalam seminggu.

Namun, penelitian ini memiliki keterbatasan dan para peneliti menekankan temuan mereka berasal dari satu wilayah dan studi lebih lanjut akan diperlukan untuk menggeneralisasi di semua populasi.

KEYWORD :

Terapi Sauna Kesehatan Jantung




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :