Kamis, 25/04/2024 23:39 WIB

Kanada Kenakan Sanksi 17 Warga Saudi

Kanada mengumumkan sanksi yang ditargetkan terhadap 17 warga Saudi yang dikatakan terkait dengan pembunuhan wartawan Jamal Khashoggi di Istanbul bulan lalu.

Menteri Luar Negeri Chrystia Freeland

Jakarta - Kanada mengumumkan sanksi yang ditargetkan terhadap 17 warga Saudi yang dikatakan terkait dengan pembunuhan wartawan Jamal Khashoggi di Istanbul bulan lalu.

"Sanksi itu membekukan aset mereka dan melarang perjalanan mereka ke Kanada, target individu yang menurut pendapat pemerintah Kanada, bertanggung jawab atau terlibat dalam pembunuhan di luar hukum terhadap jurnalis Jamal Khashoggi pada 2 Oktober 2018," ujar Menteri Luar Negeri Chrystia Freeland dilansir Alaraby.

Pada saat yang sama, Ottawa terus menyerukan pembukuan yang transparan dan ketat terhadap keadaan yang mengelilingi pembunuhan Khashoggi. Ia mengatakan bahwa penjelasan yang ditawarkan hingga saat ini oleh Arab Saudi kurang konsistensi dan kredibilitas.

"Pembunuhan Jamal Khashoggi adalah menjijikkan dan merepresentasikan serangan tanpa basa-basi terhadap kebebasan berekspresi semua individu," kata Freeland.

"Kasus ini tidak tertutup," katanya. "Mereka yang bertanggung jawab atas pembunuhan Jamal Khashoggi harus dimintai pertanggungjawaban dan harus menghadapi keadilan."

Freeland menemani Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau KTT G20, juga dihadiri oleh Pangeran Mahkota Saudi Mohammad bin Salman.

Arab Saudi telah mengatakan bahwa 21 orang berada dalam tahanan, dengan ancaman hukuman mati terhadap lima orang.

Tekanan internasional telah meningkat di Riyadh untuk menemukan mereka yang bertanggung jawab atas pembunuhan mengerikan Khashoggi, seorang warga AS yang menulis untuk The Washington Post dan telah mengkritik Pangeran Mohammed.

Analisis CIA baru-baru ini bocor ke media AS dilaporkan menunjuk jari pada Pangeran Mohammed, meskipun jaksa Saudi mengatakan dia tidak memiliki peran dalam pembunuhan itu.

Orang-orang target sanksi Kanada diduga menjadi anggota skuad hit Saudi yang melakukan pembunuhan, serta pembantu dekat dari pangeran. Mereka datang setelah sekutu Perancis, Jerman dan Amerika Serikat memberlakukan sanksi serupa pada individu-individu ini.

KEYWORD :

Jamal Khashoggi Arab Saudi Kanada Pangeran Mohammed




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :