Jum'at, 19/04/2024 03:33 WIB

China Berharap Solusi Perang Dagang dari KTT G20

Dalam KTT tersebut, Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping akan mengadakan pembicaraan mengenai perdagangan, di Buenos Aires pada hari Sabtu mendatang.

Presiden Donald Trump (R) dan Presiden China Xi Jinping (L) (Foto: AP)

Beijing - China mengharapkan hasil positif dari Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Argentina, dalam kaitan penyelesaian sengketa perdagangan dengan Amerika Serikat.

Dalam KTT tersebut, Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping akan mengadakan pembicaraan mengenai perdagangan, di Buenos Aires pada hari Sabtu mendatang.

Saat ditanya apakah China berusaha mencegah lebih banyak bea AS dalam pertemuan yang berisiko tinggi, juru bicara Kementerian Perdagangan China Gao Feng mengatakan, tim ekonomi dari kedua belah pihak akan menerapkan konsensus yang telah dicapai oleh Trump dan Xi dalam panggilan telepon bulan ini.

"Saya berharap Amerika Serikat dan China dapat bergerak satu sama lain, dan bekerja keras untuk mencapai hasil positif dalam pertemuan tersebut," kata Gao dilansir dari Reuters pada Kamis (29/11).

Seperti diketahui, AS memungut bea tambahan antara 10 persen hingga 25 persen pada barang-barang China senilai US$250 miliar tahun ini, sebagai hukuman atas praktik perdagangan China yang tidak adil. Bea masuk 10 persen konon akan meningkat menjadi 25 persen tahun depan.

Kebijakan tersebut menyebabkan pabrik-pabrik China menahan napas selama dua bulan berturut-turut, karena permintaan dari pasar AS cenderung menurun.

"Pihak China telah berulang kali menekankan bahwa esensi dari kerjasama ekonomi dan perdagangan China-AS adalah saling menguntungkan dan menang," ujar Gao.

KEYWORD :

Sanksi Amerika Serikat Perang Dagang China




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :