Jum'at, 19/04/2024 06:33 WIB

Turki Kembali Serukan Perombakan Dewan Keamanan PBB

Presiden Turki sejak lama menyerukan reformasi struktur Dewan Keamanan PBB dengan semboyan, Dunia ini lebih dari sekadar lima negara.
 

Presiden Turki Tayyip Erdogan (Foto: Gulftoday)

Buenos Aires - Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan kembali menyerukan reformasi struktur Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) dengan semboyan, "Dunia ini lebih dari sekadar lima negara".

Demikian disampaikan dalam diskusi diskusi panel "Dunia Lebih Dari Sekadar Lima Negara" digelar pada Rabu (28/11) di Buenos Aires, Argentina, yang juga menjadi tuan rumah pertemuan puncak para pemimpin G20 mendatang.

Dilansir dari Anadolu, di tempat tersebut,  Ergodan juga mengkritik lima anggota permanen DK PBB, yaitu China, Prancis, Rusia, Inggris, dan Amerika Serikat (AS).

Sekedar diketahui, diskusi tersebut merupakan bagian dari serangkaian diskusi "Turki Hari Ini". Agenda diskusi itu di antaranya kebijakan luar negeri Turki, perdagangan, dan tantangan investasi yang dihadapi Turki dan Amerika Latin.

Diskusi panel itu diikuti oleh perwakilan media, akademisi, LSM, dan think tank, dan berlangsung di markas besar Dewan Hubungan Internasional Argentina (CARI).

Lila Roldan Vazquez, koordinator Kelompok Kerja Studi Kontemporer Eurasia CARI, bertugas sebagai moderator diskusi yang diselenggarakan atas kerja sama Kedutaan Besar Turki di Argentina dengan CARI.

Direktur Penelitian Politik, Ekonomi, dan Sosial SETA Foundation Hasan Basri Yalcin, Direktur Pusat Studi Latin di Universitas Ankara Turki Mehmet Necati Kutlu, dan Alper Batur dari Kementerian Keuangan Turki hadir dalam diskusi sebagai pembicara.

Selain itu, Duta Besar Turki untuk Argentina Meral Barlas dan utusan luar negeri lainnya turut hadir dalam diskusi panel.

KEYWORD :

Perombakan PBB Turki KTT G20 Argentina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :