Kamis, 25/04/2024 03:31 WIB

Peristiwa Sejarah 27 November

Tanggal 27 November yang jatuh pada hari ke-331 (hari ke-332 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian menyimpan peristiwa sejarah yang mungkin terabaikan. Selah satunya pertunangan pangeran Inggris Harry dan kekaasihnya. 

Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle (Foto: Telegraph)

Jakarta - Tanggal 27 November yang jatuh pada hari ke-331 (hari ke-332 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian menyimpan peristiwa sejarah yang mungkin terabaikan. Selah satunya pertunangan pangeran Inggris Harry dan kekaasihnya.

Berikut peristiwa sejarah yang terjadi pada 27 November sebagaimana dilansir UPI:

1895 - Alfred Nobel menandatangani wasiat yang memulai penganugerahan Penghargaan Nobel di Swedish-Norwegian Club di Paris.

1912 - Spanyol mendeklarasikan sebuah protektorat di pesisir utara Maroko.

1924 - Macy`s Thanksgiving Day Parade yang pertama diselenggarakan di New York, Amerika Serikat.

1940 - Dua bulan setelah Jenderal Ion Antonescu merebut kekuasaan di Rumania dan memaksa Raja Carol II untuk turun tahta, lebih dari 60 pembantu raja yang diasingkan, termasuk Nicolae Iorga, mantan menteri dan sejarawan terkenal, dieksekusi.

1946 - Perang Dingin: Perdana Menteri India Jawaharlal Nehru menyerukan pada Amerika Serikat dan Uni Soviet untuk menghentikan percobaan nuklir dan memulai pelucutan.

1970 - Seorang pria dengan pisau berusaha untuk melukai Paus Paulus VI di Bandara Manila di Filipina.

1971 - Wahana luar angkasa Mars 2 dari program luar angkasa Uni Soviet mendarat di Mars.

1978 - Seorang mantan pejabat San Francisco yang tidak puas menembak dan membunuh Mayor George Moscone dan Supervisor Harvey Milk, pejabat gay pertama yang terpilih di California.

1989 - Virginia bersertifikat Douglas Wilder sebagai gubernur Afrika-Amerika pertama yang terpilih dengan margin 0,38 persen suara.

1999 - Partai Buruh Selandia Baru memegang kontrol dalam pemerintahan dan Helen Clark menjadi wanita pertama yang memegang jabatan Perdana Menteri Selandia Baru.

2001 - Atmosfer hidrogen ditemukan di planet ekstrasurya Osiris oleh Teleskop luar angkasa Hubble, atmosfer pertama yang dideteksi di planet ekstrasurya.

2005 - SEA Games 2005 resmi dibuka di Metro Manila, Filipina.

2005 - Transplantasi wajah sebagian yang pertama dilakukan di Amiens, Perancis.

2009 - Superstar golf Tiger Woods dirawat di sebuah rumah sakit setelah mobilnya menabrak hidran dan pohon api di dekat rumahnya di pinggiran kota Orlando.

2012 - Tujuh orang telanjang bulat di kantor Ketua DPR AS John Boehner untuk memprotes potensi pemotongan dana untuk penelitian AIDS. Tiga dari pengunjuk rasa, semua wanita, dituduh melakukan tindakan cabul dan tidak senonoh.

2015 - Seorang pria bersenjata ditangkap setelah terjadi tembak - menembak di fasilitas Planned Parenthood di Colorado Springs, Colorado. Insiden itu menyebabkan tiga orang tewas.

2017 - Pangeran Harry dan Meghan Markle dari Inggris mengumumkan pertunangan mereka. Keduanya menikah pada 19 Mei dan resmi menjadi Duke dan duchess of Sussex.

KEYWORD :

Peristiwa Sejarah Bulan November




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :