Kamis, 25/04/2024 11:50 WIB

Kiblat Fashion Muslim Dunia jadi "Pekerjaan Rumah" Bersama

Akankah Muslim Fashion Festival 2019 mendatang bisa turut mewujudkan target Indonesia sebagai kiblat fashion muslim dunia?

Masih banyak

Jakarta - Indonesia ditargetkan menjadi kiblat fashion muslim dunia pada tahun 2020, melihat perkembangan nya saat ini target tersebut berusaha untuk diwujudkan. Salah satunya ialah dengan banyaknya gelaran fashion muslim yang melibatkan banyak fashion desainer lokal.

Lalu bagaimana agar tak sekadar tampil di panggung runaway? National Chairman Indonesian Fashion Chamber Ali Charisma mengatakan meski ia sendiri tidak menentukan target tertentu dari acara Muslim Fashion Festival (Muffest) lebih penting mengarahkan goals Muffest yang lebih mengedepankan pada konsep Business to Business atau B2B.

Sebab menurut Ali masih ada PR atau Pekerjaan Rumah terkait dengan kualitas karya para desainer di Indonesia khususnya fashion muslim.
 
"Dalam artian secara teknik dari pelaku atau desainer. Untuk llevel menangah ke atas kan biasanya kualitas diimbangi dengan level tertentu. Nah untuk berbelanja muslim wear di kelas itu harusnya sudah mendominasi ke depannya supaya nanti secara kualitas permintaan yang kualitasnya bagus dan harganya mahal itu semakin tinggi," papar Ali.

Sayangnya, lanjut Ali harga yang mahal bagi kita namun untuk orang luar kan masih sangat murah sebenarnya. Kalau ada permintaan yg kualitasnya bagus terus laku bener bener jadi rebutan.

Sementara itu, Direktur Industri Kecil dan Menengah Kimia, Sandang, Aneka dan Kerajinan Kementerian Perindustrian E Ratna Utaraningrum mengatakan pihaknya udah komitmen mengawal Indonesia jadi kiblat fashion muslim, sebagai bentuk sudah dilakukan capacity building bagi pelaku industri kreatif.

Selain Kemenperin, Badan Ekonomi Kreatif juga turut mendorong talenta desainer fashion muslim berkualitas di Indonesia yang siap go global dengan mendukung penyelenggaraan Muffest sebagai event di dalam negeri taraf internasional.

"Kami mengarahkan dukungan pada penyediaan fasilitas untuk mendatangkan dan memberikan intensif kepada buyer internasional yang datang ke Muffest,” tutur Kepala Subdirektorat Informasi dan Pengolahan Data, Direktorat Riset dan Pengembangan Ekonomi Kreatif, Deputi Riset, Edukasi dan Pengembangan Bekraf, Maman Rahmawan.

Muffest 2019 diarahkan sebagai muara dari perkembangan terkini industri fashion muslim Indonesia, yang meliputi segi kualitas, kuantitas, inovasi bisnis, teknologi, maupun tren.

Perhelatan ini sebagai upaya memperluas akses dan meningkatkan kompetensi produk fashion muslim Indonesia agar dapat menguasai pasar lokal sekaligus mampu bersaing di pasar global. Pada akhirnya dapat mewujudkan Indonesia sebagai pusat belanja, produksi, dan barometer tren fashion muslim global

KEYWORD :

Dunia Fashion Muslim Fashion Kiblat Dunia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :