Kamis, 25/04/2024 21:29 WIB

Kompetisi Unik Cara Membuat Teh Yang Baik Oleh AISTea

Association of Indonesia Specialty Tea (AISTea) didukung Teh 2Tang membuat lomba unik cara membuat teh yang baik.

Memperagakan cara membuat tea yang baik di kompetisi AISTea. (Foto ; Jurnas/Ginting)

Jakarta- Association of Indonesia Specialty Tea (AISTea) didukung Teh 2Tang menginisiasi lomba unik yang diklaim baru pertama kali diadakan di Indonesia. Yaitu Tea Brewing Competition, Tea Mixologist. Lomba ini diadakan dalam rangkaian acara Kompetisi di SIAL Interfood, yang diselenggarakan di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu, (24/11).

Humas dan Promosi AISTea sekaligus pakar teh Ratna Somantri menjelaskan tujuan acara digelar untuk menunjukan bahwa teh, selain dinikmati sebagai minuman teh hangat, juga bisa dikreasikan menjadi minuman modern.

Menurut dia, menambahkan teh ke dalam minuman bisa menambah nilai dari minuman tersebut. Karena teh dianggap sebagai minuman yang punya banyak manfaat untuk kesehatan, banyak ragam dan juga cerita menarik yang bisa diangkat.

Ratna Somantri mengatakan, saat ini untuk tea mixologist adalah sesuatu yang baru di Indonesia. Kebanyakan peserta yang ikut di kompetisi ini adalah barista dan chef yang mulai mempelajari teh, dan tertarik untuk menambahkan teh dalam kreasi minuman mereka.

"Nah dengan kebaruan ini, demandnya terbuka lebar karena saat ini pertumbuhan kafe sangat tinggi dan mereka membutuhkan variasi minuman yang berbeda untuk meningkatkan daya saing. Minuman berbahan dasar teh adalah salah satu pilihan karena unik, enak, dan sehat," katanya.

Saat ini Indonesia memili 50 ragam teh. Menurut Ratna, belum banyak orang Indonesia yang tahu mengenai teh-teh Indonesia yang masuk kategori specialty tea.

Karena mayoritas tehnya masih untuk eksport. 2Tang sponsor utama acara kompetisi ini adalah salah satu pelopor yang membuat teh Indonesia dengan kategori specialty tea.

Produknya juga bisa dibeli dengan mudah di pasar. 2Tang classic tea series: white, green, black dan jasmine tea adalah contoh teh Indonesia grade specialty tea.

Beberapa teh Indonesia grade specialty tea lainnya yang sudah diberi merk masih terbatas pemasarannya.

"Nah dari situlah kemudian kompetisi teh ini diharapkan membuat pasar teh specialty tea di Indonesia menjadi semakin berkembang," katanya lagi.

KEYWORD :

AISTea Kompetisi bikin teh unik




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :