Jum'at, 26/04/2024 05:04 WIB

Harga Minyak Mentah Anjlok

Harga minyak turun 7 persen pada Jumat (23/11) menandai harga terendah untuk minyak mentah dalam lebih dari setahun.

Bor minyak (Foto: Shutterstock)

Jakarta - Harga minyak turun 7 persen pada Jumat (23/11) menandai harga terendah untuk minyak mentah dalam lebih dari setahun.

Menurut CNBC, penurunan harga meningkatkan tekanan pada Organisasi Negara Pengekspor Minyak sebelum negara-negara anggota bertemu dengan negara-negara non-OPEC di Wina, Austria, pada 6 Desember mendatang

"Pertemuan OPEC yang akan segera berlangsung di Wina kemungkinan tidak akan memberikan dukungan besar kali ini karena situasi yang mengganggu di sekitar Arab Saudi," ujar Eugen Weinberg, kepala penelitian komoditas di Commerzbank.

Penurunan harga terjadi setelah satu periode di awal Oktober di mana harga minyak mencapai tingkat tertingginya dalam beberapa tahun. Tetapi peristiwa geopolitik baru-baru ini, dikombinasikan dengan pandangan pesimis tentang ekonomi global dan kekhawatiran pasokan dan permintaan, menyebabkan harga merosot.

Presiden Donald Trump memuji penurunan harga minyak baru-baru ini pada Kamis lalu. Ia bahkan menyampaikan terima kasih kepada Arab Saudi yang telah berjasa dalam hal tersebut.

"Harga minyak semakin turun. Hebat! Seperti Potongan Pajak besar untuk Amerika dan Dunia. Nikmati! $ 54, hanya $ 82. Terima kasih ke Arab Saudi, tapi mari kita turun!" tulis Trump lewat akun twitter pribadinya.

KEYWORD :

Harga Minyak Amerika Serikat Arab Saudi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :