Jum'at, 19/04/2024 06:16 WIB

Selain Jadi Objek Wisata, Ini Fungsi Lain Tanaman Mangrove

Selain menawarkan objek wisata, ternyata tanaman mangrove juga dipercaya sebagai penahan tanah di daerah pesisir sehingga mampu mencegah terjadi erosi pantai.

Proses penanaman pohon mangrove di pesisir Utara Jakarta, Jumat (23/11)

Jakarta - Keberadaan hutan mangrove di beberapa wilayah pesisir Indonesia selalu menjadi penarik perhatian para wisatawan. Salah satunya di daerah pesisir utara Jakarta yang mengundang banyak wisatawan untuk menikmati keindahan wilayah tersebut.

Berdasarkan data The World Atlas of Mangroves 2010 menyebutkan Indonesia memiliki kawasan hutan mangrove seluas 3 juta hektar atau 20% dari total luas kawasan hutan mangrove dunia.

Selain menawarkan objek wisata, ternyata tanaman mangrove juga dipercaya sebagai penahan tanah di daerah pesisir sehingga mampu mencegah terjadi erosi pantai.

“Pohon mangrove, selain melindungi garis pantai yang rentan dari hempasan gelombang, akar mangrove dapat menahan tanah juga dapat mencegah erosi pantai,” ujar Andi Hermawan selaku Head of Marketing Communications and Customer Care dalam kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) yang mengusung tema ‘’Ciptakan Masa Depan Lebih Indah dengan Menanam Pohon Bersama Penguin”, Jumat (23/11) pagi di Jakarta.

Menurut Andi, keberadaan hutan mangrove di pesisir utara, Jakarta salah satu daerah penyanggah penghijauan yang dibudidayakan. Selain itu juga bermanfaat sebagai sarana wisata alam yang bisa dikunjungi bersama keluarga.

Untuk itu, lanjut Andi, sebagai wujud komitmen Penguin Indonesia turut melakukan penanaman pohon mangrove di lokasi tersebut agar kawasan itu tetap dapat terjaga dan bisa dinikmati dalam jenjang waktu yang lama.
 
Dalam kegiatan tersebut Penguin Indonesia melakukan sejumlah pohon untuk simbolis. Sedikitnya ada 36 pohon ditaman, sebagai simbol keberadaan Penguin Indonesia hadir di tanah air selama 36 tahun.
 
"Kegiatan penanaman pohon mangrove adalah sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap lingkungan. Harapannya, upaya ini memberikan dampak positif bagi kelangsungan fungsi ekosistem secara sosial ekonomi bagi masyarakat luas,” terangnya.
 
Andi menambahkan, Penguin Indonesia berharap melalui program CSR yang telah dilakukan, berperan aktif dalam pembangunan dan kemajuan suatu negara.  “Untuk mewujudkan kesejahteraan sosial dan peningkatan kualitas hidup masyarakat serta melestarikan lingkungan hidup,” ujarnya.
 

 

KEYWORD :

Pohon Mangrove Penguin Indonesia Alam Semesta




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :