Jum'at, 26/04/2024 04:46 WIB

Cari Tahu Yuk! Empat Tahap Perawatan Wajah Harian

Ada empat langkah perawatan harian pagi hingga sore yang perlu diterapkan untuk semua jenis kulit setiap harinya.

Memiliki penampilan kulit sehat akan meningkatkan kepercayaan diri Anda (Ilustrasi Foto: Istock)

Jakarta - Perawatan harian tidaklah cukup jika individu tersebut hanya rajin mencuci wajah dan menggunakan pelembap tetapi membiarkan kulitnya terpapar sinar matahari tanpa perlindungan tabir surya

Ada empat langkah perawatan harian pagi hingga sore yang perlu diterapkan untuk semua jenis kulit setiap harinya. Berikut tahapannya seperti yang dikatakan Head of Business Development ERHA dr Norita Sembada:

1. Cleanse
Pertama adalah cleanse, atau membersihkan dengan tujuan menghilangkan minyak, kotoran, polusi yang mana bila tidak dibersihkan akan dapat menyebabkan kulit kusam, tidak bercahaya, berminyak, pori-pori tersumbat, meradang serta dapat tumbuh jerawat dan komedo.

2. Tone
Tahap kedua adalah tone, atau pemakaian toner dengan tujuan melembabkan dan menyegarkan kulit, mengecilkan pori serta menjaga keseimbangan pH kulit

3. Hydrating
Yang ketiga adalah hydrate atau melembabkan kulit dengan memberikan nutrisi untuk perbaikan kulit.

4. Protected
Yang keempat adalah protection, atau melindungi kulit dengan mengaplikasikan SPF untuk mencegah penuaan ekstrinsik yang disebabkan oleh sinar matahari.

Adapun perawatan lanjutan di malam hari yang perlu diterapkan untuk mencegah atau mengatasi masalah kulit yang perlu diterapi seperti jerawat dan komedo, bercak hitam atau flek, atau tanda penuaan seperti kulit kusam, kasar, kering dan berkerut.

Perawatan lanjutan bisa dilakukan dengan langkah prevention dan correction. Prevention misalnya untuk menjaga kesehatan kulit, mencegah terjadinya garis-garis halus.

Sementara correction misalnya dengan memperbaiki fungsi kulit yang mengalami dampak proses penuaan kulit ataupun mengobati jerawat yang ada. Langkah lainnya adalah exfoliation, membantu mengangkat sel kulit mati agar tekstur kulit selalu terjaga halus dan tampak cerah (tidak kusam).

KEYWORD :

Perawatan Wajah Kulit Sehat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :