Jum'at, 19/04/2024 21:41 WIB

Akhir Cerita Dani Pedrosa, Sang Juara Tanpa Gelar

Akhir pekan lalu di Valencia, MotoGP mengucapkan selamat tinggal kepada Dani Pedrosa, seorang pebalap yang dianggap sebagai satu-satunya yang mampu mengalahkan Valentino Rossi, walau tidak pernah memenangkan gelar kelas utama.

Pebalap Repsol Honda, Dani Pedrosa (Autosport)

Jakarta - Akhir pekan lalu di Valencia, MotoGP mengucapkan selamat tinggal kepada Dani Pedrosa, seorang pebalap yang dianggap sebagai satu-satunya yang mampu mengalahkan Valentino Rossi, walau tidak pernah memenangkan gelar kelas utama.

Pedrosa membuat debut kejuaraan dunianya pada 2001 di kelas 125cc setelah bertanding di Movistar Activa Cup, mendapatkan persetujuan khusus dari Dorna karena dia tidak berusia 16 hingga September.

Setelah Pedrosa menjadi juara 125cc pada tahun 2003, dan kemudian mengambil gelar 250cc di kedua 2004 dan 2005, Honda memberinya kesempatan untuk menjajal kejuaraan dunia di kelas 500cc.

Itu adalah era yang sulit bagi Honda, karena tidak berhasil menemukan formula untuk pulih dari trauma kehilangan Rossi, yang telah bergabung dengan Yamaha pada tahun 2004 setelah merasa undervalued oleh HRC.

Rekan setim Pedrosa, Nicky Hayden adalah orang yang merebut gelar pada tahun yang sama saat Pedrosa memulai petualangannya di kategori utama, namun mengalami cedera lutut saat kecelakaan di Sepang.

Dilansir Autosport, pebalap Spanyol itu menjadi ujung tombak generasi baru di tingkat tertinggi untuk mengakhiri era dominasi tak tertandingi Rossi yang selalu menjadi juara hingga dijuluki The Doctor.

Gelar juara dunia di kelas tertinggi MotoGP semakin sulit didapat Pedrosa setelah pendatang baru seperti Casey Stoner, Jorge Lorenzo, dan kemudian Marc Marquez bergabung dengan jajaran `alien` MotoGP saingan Rossi setelah Pedrosa.

Namun itu tidak menghentikan bakatnya untuk diakui, dan menjelang balapan perpisahan MotoGP-nya di Valencia ia dinamakan `Legenda MotoGP menjadi anggota ke-28 klub elit tersebut.

Statistik Pedrosa adalah bukti terbaik dari bakatnya: ia duduk di urutan kedelapan dalam daftar pemenang lomba sepanjang masa di 500cc / MotoGP, menyamai raihan juara empat kali Eddie Lawson.

31 kemenangan adalah penghitungan tertinggi bagi seorang pengendara tanpa gelar MotoGP, di atas pemain hebat seperti Kevin Schwantz (25), Wayne Rainey (22) dan Kenny Roberts Sr (22).

Pedrosa mengakhiri karirnya sebagai pebalap pada Minggu lalu di Valencia, jalur terbaiknya, tempat di mana dia mendapat kemenangan terbanyak (tujuh kali di semua kategori).

KEYWORD :

Dani Pedrosa Kompetisi MotoGP




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :