Sabtu, 20/04/2024 05:00 WIB

Peristiwa Sejarah 21 November

Hari Pohon Sedunia diperingati pada tanggal 21 November. Tanggal 21 November dipilih untuk menghormati jasa-jasa dari J. Sterling Morton pada 1872, ia merupakan seorang pecinta alam yang berasal dari Amerika. Ia juga gigih dalam mengkampanyekan gerakan menanam pohon.

21 November menjadi akhir dari kepemimpinan Robert Mugabe sebagai Presiden Zimbabwe

Jakarta - Hari Pohon Sedunia diperingati pada tanggal 21 November. Tanggal 21 November dipilih untuk menghormati jasa-jasa dari J. Sterling Morton pada 1872, ia merupakan seorang pecinta alam yang berasal dari Amerika. Ia juga gigih dalam mengkampanyekan gerakan menanam pohon.

Selain diperingati sebagai hari pohon sedunia, 21 November juga menyimpan banyak peristiwa sejarah yang terjadi di belahan dunia sebagaimana dilansir UPI:

Pada 1783, di Paris, Jean de Rozier dan Marquis d`Arlandes melakukan penerbangan gratis pertama dengan sebuah balon udara.

Pada tahun 1877, Thomas Edison mengumumkan penemuan fonografnya.

Pada tahun 1916, HMHS Britannic, awalnya dibangun sebagai kapal penumpang dan kemudian ditekan menjadi layanan sebagai kapal rumah sakit selama Perang Dunia I, ditenggelamkan oleh sebuah tambang angkatan laut. Tiga puluh orang meninggal dan 1.035 selamat.

Pada tahun 1922, Rebecca Latimer Felton dari Georgia mengambil sumpah jabatan, menjadi Senator perempuan Amerika Serikat pertama. Penunjukannya bersifat sementara, karena ia hanya menjabat 24 jam.

Pada tahun 1938, pasukan Nazi menduduki Cekoslowakia barat dan mendeklarasikan warganya warga negara Jerman.

Pada tahun 1974, Kongres AS mengeluarkan Undang-Undang Kebebasan Informasi atas veto Presiden Gerald Ford.

Pada tahun 1985, Jonathan Jay Pollard, seorang analis intelijen Angkatan Laut AS dan Yahudi Amerika, ditangkap dengan tuduhan secara ilegal lewat informasi rahasia keamanan AS tentang negara-negara Arab ke Israel. Pollard, dijatuhi hukuman seumur hidup di penjara, dibebaskan pada 20 November 2016.

Pada tahun 1991, Presiden AS George HW Bush menandatangani Undang-undang Hak Sipil 1991, sehingga lebih mudah bagi pekerja untuk menuntut dalam kasus diskriminasi kerja.

Pada tahun 2003, Dewan Perwakilan dan Senat AS menyepakati versi terakhir dari sekitar $ 400 miliar, tagihan 1.000 halaman yang akan membuat cakupan obat resep untuk 42 juta orang Amerika di Medicare .

Pada tahun 2005, General Motors Corp, produsen mobil terbesar di dunia, mengumumkan pemotongan gaji 30.000 karyawan.

Pada 2006, Perdana Menteri Irak Nouri al-Maliki mengumumkan pemulihan hubungan diplomatik dengan Suriah setelah 24 tahun berselisih.

Pada 2012, gencatan senjata diumumkan setelah delapan hari pertempuran yang menurut para pejabat menewaskan sekitar 130 warga Palestina dan enam warga Israel. Ratusan orang terluka. Menteri Pertahanan Israel Ehud Barak menilai Hamas yang bertanggung jawab untuk menjaga gencatan senjata.

Pada 2013, Senat AS membuat perubahan peraturan bersejarah yang melemahkan kekuatan filibuster, yang digunakan partai oposisi untuk memperlambat atau menggagalkan nominasi presiden. Perubahan itu memotong jumlah suara yang diperlukan untuk persetujuan para calon eksekutif dan judisial dari 60 suara menjadi 51. Pemimpin Demokrat Senat Harry Reid dari Nevada mengatakan tindakan itu diambil karena orang-orang Amerika percaya bahwa Senat rusak.

Pada 2017, setelah beberapa hari ketegangan politik, Presiden Zimbabwe Robert Mugabe mengundurkan diri tak lama setelah para anggota parlemen mulai melakukan tekanan terhadapnya.

KEYWORD :

Peristiwa Sejarah Bulan November




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :