Jum'at, 19/04/2024 20:18 WIB

NASA Targetkan Mendarat di Mars 2020

Badan Antariksa, NASA mengumumkan akan mendaratkan astronot ke Mars pada 2020 mendatang. Jezero Crater akan menjadi target pendaratan dalam misi tersebut usai.

Ilustrasi Helikopter Mars (Foto: NASA)

Jakarta - Badan Antariksa, NASA mengumumkan akan mendaratkan astronot ke Mars pada 2020 mendatang. Jezero Crater akan menjadi target pendaratan dalam misi tersebut usai.

"Lokasi pendaratan di Jezero Crater menawarkan medan geologis yang kaya, dengan bentang alam mencapai sejauh 3,6 miliar tahun, yang berpotensi menjawab pertanyaan penting dalam evolusi planet dan astrobiologi," kata Thomas Zurbuchen dari NASA dikutip Cnet.

Ilmuwan proyek Mars 2020 Ken Farley mengatakan , komunitas Mars telah lama mendambakan nilai ilmiah dari situs seperti Jezero Crater.

Jezero Creater merupakan kawah yang berada di utara khatulistiwa planet dan pernah menampilkan delta sungai. Hal ini menjadikannya tempat utama untuk melestarikan kemungkinan tanda-tanda kehidupan mikroba kuno.

NASA telah mempertimbangkan mengirim misi sebelumnya ke kawah, tetapi harus menunggu perbaikan dalam teknologi pendaratan untuk mengirim rover dengan aman ke medan yang menantang di daerah itu.

NASA mengatakan itu telah mampu mengurangi zona pendaratan Mars 2020 ke daerah 50 persen lebih kecil dari yang diperlukan untuk rover Curiosity di Gale Crater pada tahun 2012 silam.

Mars 2020 dijadwalkan untuk diluncurkan pada bulan Juli 2020. Ini akan mencari tanda-tanda kondisi yang dapat dihuni dari masa lalu kuno di planet ini, tetapi juga mengumpulkan dan menyimpan sampel permukaan dengan harapan bahwa misi masa depan akan dapat mengambil cache dan membawanya kembali ke bumi.

KEYWORD :

Planet Mars Badan Antariksa




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :