Jum'at, 14/12/2018 06:37 WIB

Maksimalkan Tekanan di Iran, Trump Mati-matian Dukung Arab Saudi

Trump mengatakan sebenarnya memiliki rekaman terkait pembunuhan Khashoggi, yang disediakan pemerintah Turki, tetapi tidak ingin mendengarkannya.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump (Foto: AP)

Washington - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump mengatakan pembunuh wartawan, Jamal Khashoggi sangat mengerikan. Meski begitu, ia akan tetap mendukung Arab Saudi sebagai sekutu terdekatnya di Timur Tengah.

Di bawah desakan untuk menghukum Arab Saudi atas kematian Khashogggi di dalam konsulat di Saudi di Istanbul pada 2 Oktober, Trump membela dugaan keterlibatan Pangeran Mahkota Saudi, Mohammed bin Salman (MbS).

"Ia (MbS) mengatakan kepada saya tidak terlibat dan terkait pembunuhan tersebut," terang Trump kepada Fox News Sunday, Minggu (18/11).

"Banyak orang juga membantah putra mahkota tidak memiliki pengetahuan soal pembunuhan itu," tambahnya.

Pernyataan Trump itu beberapa jam sebelum CIA  memberi penjelasan kepada administrasi Trump atas pembunuhan dan keyakinannya bahwa MbS memerintahkan mencabut paksa nyawa Khashoggi.

Pada Sabtu (17/11), Trump menyebut penilaian CIA sangat prematur. Dalam wawancara di tempat lain, pasangan Melania justru mengatakan, pembunuh pria 59 tahun itu tidak akan pernah terungkap.

"Yah, apakah ada yang benar-benar tahu?" Katanya.

"Ia (MSS) memang memiliki orang-orang yang cukup dekat dengannyayang mungkin terlibat. Tapi pada saat yang sama kami memiliki sekutu dan saya ingin tetap dengan sekutu yang sangat baik," ungkapnya.

Trump menghadapi tekanan kuat dari anggota parlemen senior Demokrat dan Republik untuk mengambil tindakan lebih keras terhadap Arab Saudi. Beberapa orang mengatakan AS harus menangguhkan penjualan senjata ke kerajaan dan menjatuhkan dukungannya untuk MbS, tetapi Trump sejauh ini menolak tekanan itu.

Pada Kamis sebelumnya, Pemerintah AS memberlakukan sanksi ekonomi terhadap 17 pejabat Saudi atas dugaan peran mereka dalam pembunuhan itu, tetapi sanksi itu tidak diberlakukan kepada pemerintah Saudi.

Arab Saudi adalah pemasok minyak utama dan sekutu dekat Gedung Putih dalam melawan kekuatan Iran di Timur Tengah. Trump mengatakan sebenarnya memiliki rekaman terkait pembunuhan Khashoggi, yang disediakan pemerintah Turki, tetapi tidak ingin mendengarkannya.

"Saya tahu semua yang terjadi di rekaman itu tanpa harus mendengarnya. Itu sangat kejam, sangat ganas dan mengerikan," ungkapnya

TAGS : Jamal Khashoggi Arab Saudi Donald Trump




TERPOPULER :