Rabu, 19/12/2018 11:03 WIB

Kekayaan Hasil Bumi NTT jadi Sumber Inspirasi

Upacara Penti di NTT menjadi sumber inspirasi bagi Mel Ahyar dalam koleksi Spring/Summer 2019, Seperti apa?

Instalasi fashion karya Mel Ahyar (Foto: Ecka Pramita)

Jakarta - Bumi dan seisinya bisa menjadi sumber inspirasi yang tidak ada habisnya bagi seorang fashion designer Mel Ahyar. Melihat adanya perbedaan karakteristik pada setiap hasil bumi layaknya manusia, Mel Ahyar terinspirasi menuangkannya lewat fashion.

Terinspirasi dari penduduk NTT, yang penghasilan utamanya datang dari bercocok tanam, setiap tahun diadakan upacara Penti sebagai rasa terima kasih terhadap hasil bumi, serta doa untuk kesuburan.

"Setiap hasil bumi akan merepresentasikan manusia dalam bentuk pakaian dengan karakteristik masing-masing yang melekat," ujar Mel Ahyar mengenai makna filosofi temanya.

Kopi yang kuat direpresentasikan lewat gaun bersiluet lurus, dilengkapi dengan cape di bagian tangan yang diberi detail bordiran organdi, yang menceritakan tentang proses penanaman kopi hingga panen.

Gaun lurus dengan drap shoulder berbahan crepe silk tebal mewakili tenang dan mewahnya vanili untuk bagian atas dengan detail ikat pinggang seperti bumi yang diikat. Sedangkan rok bagian bawah menggambarkan siklus air irigasi yang mengalir tanpa putus dengan detil beads dan kristal di atas bahan organdi.

Padi yang sabar direpresentasikan oleh gaun dengan siluet mermaid dan bias cutting yang membentuk padi, diperkuat renda halus di antara sambungan potongan, beading, dan juga kristal yang menjulur. Sentuhan anyaman daun lontar jadi ciri khas dari koleksi ini.

Karya Mel yang ditampilkan melalui fashion instalasi banyak menggunakan warna yang dekat dengan bumi seperti coklat, hitam, pink, nude, dan salem. Lewat koleksi ini juga, Mel ingin menyampaikan pesan dan harapan agar manusia dapat lebih menghargai bumi dan alam selayaknya sesama manusia.

TAGS : Mel Ahyar Hasil Bumi Kekayaan NTT




TERPOPULER :