Jum'at, 14/12/2018 06:02 WIB

AS akan Rilis Pembunuh Jamal Khashoggi, Raja Arab Terlibat?

Departemen Luar Negeri juga membantah bahwa pemerintah AS telah membuat kesimpulan akhir. Ia menyebut kesimpulan CIA tersebut tidak akurat.

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud dan Putranya Mohammed bin Salman (Foto: Hassan Ammar/AP)

Washington - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump mengatakan, Gedung Putih akan mengeluarkan laporan lengkap tentang kasus pembunuhan kolumnis Washington Post, Jamal Khashoggi, awal pekan depan.

Dilansir Anadolu, laporan, yang dikatakan Trump akan dirilis pada Senin atau Selasa  pekan depan itu terkait siapa yang menyebabkannya dan melakukannya.

Sebelumnya, Trump bertemu Direktur CIA, Gina Haspel, yang memberi penjelasan kepadanya tentang temuan agensi dalam kasus tersebut. Trump mengatakan CIA belum menilai apa pun.

"Ini terlalu dini," jelas Trump setelah Washington Post pertama kali melaporkan, CIA yakin, Putra Mahkota Mohammad bin Salman memerintahkan pembunuhan Khashoggi.

Di tempat yang berbeda, Departemen Luar Negeri juga membantah bahwa pemerintah AS telah membuat kesimpulan akhir. Ia menyebut kesimpulan CIA tersebut tidak akurat.

"Masih ada banyak pertanyaan yang belum terjawab sehubungan dengan pembunuhan Pak Khashoggi," kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Heather Nauert dalam sebuah pernyataan.

"Departemen Luar Negeri akan terus mencari semua fakta yang relevan. Sementara itu, kami akan terus berkonsultasi dengan Kongres, dan bekerja dengan negara-negara lain untuk meminta pertanggungjawaban mereka yang terlibat dalam pembunuhan Jamal Khashoggi," tambahnya.

Awal pekan ini, Gedung Putih resmi mejatuhi hukuman 17 orang yang terkait dengan pembunuhan Khashoggi, termasuk Konsul Jenderal Saudi di Istanbul Mohammad al-Otaibi.

Namun, dalam daftar tersebut, tidak ditemukan nama Salman, pemimpin de facto Saudi. Meski pun kabar yang beredar bahwa serangan itu tidak mungkin dilakukan tanpa persetujuannya.

Nauert menyinggung tindakan AS serta hukuman denda yang diumumkan sebelumnya pada tersangka Saudi, mengatakan Washington telah mengambil tindakan tegas terhadap individu yang bertanggung jawab.

"Kami akan terus mengeksplorasi langkah-langkah tambahan untuk menahan mereka yang bertanggung jawab yang merencanakan, memimpin dan terhubung dengan pembunuhan. Dan, kami akan melakukan itu sambil mempertahankan hubungan strategis penting antara AS dan Arab Saudi," katanya.

TAGS : Jamal Khashoggi Arab Saudi Donald Trump




TERPOPULER :