Rabu, 19/12/2018 11:20 WIB

Media AS Publikasikan Video Kasus Pembunuhan Khashoggi

Video berisi investigasi peran dari kelompok yang membunuh Khashoggi juga bagaimana usaha Saudi menutupi kasus tersebut.

Wartawan terkemuka dari Arab Saudi, Jamal Khashoggi (Foto: Jehan Alfarra / Middle East Montitor)

Washington -  Salah satu portal berita Amerika Serikat (AS), Media Amerika Serikat (AS) The New York Times mempublikasikan video yang merinci perkembangan kasus pembunuhan jurnalis Saudi, Jamal Khashoggi.

 Video ini memberikan informasi mengenai  peran beberapa anggota dari 15 orang tim pembunuh yang diduga melakukan pembunuhan serta upaya Saudi untuk menutupi masalah tersebut.

"Ada 15 dari mereka. Kebanyakan tiba di tengah malam, memasang perangkap dan menunggu target tiba. Target itu adalah Jamal Khashoggi […]" terbaca pada teks video, menunjukkan rekaman tim Saudi, dilansir Al Jazeera.

Video itu juga menunjukkan kemungkinan keterlibatan Pangeran Mahkota Saudi Muhammad bin Salman, yang dicatat, banyak pejabat pemerintah dari negara barat berpikir terlibat dalam pembunuhan itu.

Khashoggi, seorang kontributor rutin The Washington Post, terbunuh pada 2 Oktober di dalam Konsulat Saudi di Istanbul.

Setelah berminggu-minggu menyangkal keterlibatan dalam kejahatan, Arab Saudi kemudian mengakui bahwa Khashoggi telah terbunuh di dalam konsulat tetapi mengklaim keluarga kerajaan Saudi tidak memiliki pengetahuan sebelumnya tentang rencana pembunuhan jurnalis.

Sejauh ini, 21 orang, termasuk petugas keamanan, telah ditangkap di Arab Saudi sehubungan dengan pembunuhan itu.

 

TAGS : Jamal Khashoggi New York Times




TERPOPULER :