Rabu, 12/12/2018 15:09 WIB

AS Temukan Kapal Selam Argentina yang Hilang

Kapal itu menghilang di lepas pantai Argentina tahun lalu di tengah perjalanannya dari Ushuaia ke pangkalan rumahnya, Mar del Plata. Lokasi terakhir yang diketahui adalah di Teluk San Jorge.

Ocean Infinity menggunakan kendaraan bawah air otonom untuk mencari kapal selam angkatan laut Argentina yang hilang di Samudra Atlantik pada November lalu dan menemukan reruntuhan kapal itu Jumat. Foto milik Ocean Infinity

Jakarta - Pihak berwenang mengatakan bahwa tim pencari Amerika Serikat menemukan kapal selam angkatan laut Argentina yang hilang tahun lalu dan menghilangkan 44 awak kapal.

Perusahaan AS yang bertanggung jawab atas operasi pencarian, Ocean Infinity, menemukan kapal selam ARA San Juan Jumat di Samudra Atlantik selatan pada kedalaman sekitar setengah mil, sekitar 700 mil timur kota Argentina, Puerto Madryn.

Kapal karam itu menewaskan 44 anggota awak. Ke 44 anggota keluarga awak telah dipanggil ke Pangkalan Angkatan Laut Mar del Plata untuk diberitahu secara resmi tentang penemuan kapal akhir pekan ini.

Para pejabat kehilangan kontak radio dengan San Juan pada 15 November 2017, dan angkatan laut Argentina membatalkan operasi penyelamatannya sekitar dua minggu setelah mereka tidak dapat menemukan kapal itu, mengatakan bahwa tidak ada peluang untuk bertahan hidup bagi awaknya dengan hanya tujuh hari oksigen di kapal.

Perusahaan yang bermarkas di Houston mengirim kapal selam mini ke dasar laut untuk mendapatkan foto dari reruntuhan pesawat. Berdasarkan perjanjian dengan pemerintah Argentina, akan dibayar $ 7,5 juta untuk penemuan itu.

Awak pencarian, terdiri dari 40 spesialis dari Ocean Infinity, berlayar pada 8 September setelah memenangkan tawaran pada bulan Agustus untuk mengambil upaya pencarian. Tiga personel Angkatan Laut Argentina dan empat orang yang mewakili keluarga juga berada di kapal pencari Ocean Infinity.

Tim tersebut pada hari terakhir kerjanya sebelum kembali ke pelabuhan ketika mereka menemukan objek hampir sepanjang 197 kaki pada kedalaman hampir 2.625 kaki.

Angkatan Laut Argentina men-tweet gambar dari titik yang menarik di dasar laut, menunjukkan objek mungkin kapal yang hilang dan rekaman menunjukkan kerabat korban berduka ketika mereka menerima berita bahwa kapal selam yang hilang telah ditemukan.

Dilansir UPI, kondisi kapal dan apakah mungkin untuk memulihkannya belum jelas.

Kapal itu menghilang di lepas pantai Argentina tahun lalu di tengah perjalanannya dari Ushuaia ke pangkalan rumahnya, Mar del Plata. Lokasi terakhir yang diketahui adalah di Teluk San Jorge.

Angkatan Laut Argentina mengatakan telah melaporkan hubungan pendek dalam sistem baterai sebelum kontak terakhir dan suara ledakan terdeteksi beberapa hari kemudian.

Argentina memecat kepala angkatan lautnya satu bulan setelah penghilangan paksa.

Kesaksian pengadilan federal menunjukkan bahwa sejumlah pejabat angkatan laut sedang diselidiki karena diduga mengizinkan kapal selam untuk mengambil misi diperpanjang ketika mereka menyadari masalah mekanis.

Marta Yanez, hakim federal yang menyelidiki insiden itu, menyatakan optimisme tentang kemampuan untuk meneliti bencana dengan gambar-gambar baru dari reruntuhan pesawat.

"Ini adalah satu hal untuk melakukan tebakan, itu masalah yang sama sekali berbeda untuk menganalisis gambar yang kita miliki sehingga spesialis dapat menilai apa yang sebenarnya terjadi," kata Yanez.

TAGS : Kapal Selam Argentina Amerika Serikat




TERPOPULER :