Jum'at, 19/04/2024 05:40 WIB

Menelusuri Merauke Jadi Komitmen Dirjen PKTrans Percepat Pembangunan Ekonomi

Dukungan penuh kepada warga Transmigrasi untuk mempercepat peningkatan ekonomi khususnya warga Transmigran dan menampung aspirasi warga Transmigran

Dirjen Pengembangan Kawasan Transmigrasi, M Nurdin bersama Anggota Komisi V DPR RI saat melakukan kunjungan kerjanya ke Merauke

Merauke - Direktur Jenderal Pengembangan Kawasan Transmigrasi Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi M. Nurdin dalam kunjungan kerjannya ke kawasan Kota Terpadu Mandiri (KTM) Salor, kabupaten Merauke Papua, menyerahkan bantuan kepada warga transmigran berupa bantuan kegiataan belajar mengajar SMA/SMK 1 paket.

Tak hanya itu, juga  bantuan kegiatan belajar mengajar SD 2 Paket, bantuan Rice miling Unit (RMU) 1 unit, bantuan rehabilitasi jalan KTM Salor sepanjang 1,6 KM, serta DAK bidang transportasi tahun 2018 berupa  moda transportasi darat (2 unit), moda transportasi air (5 unit), tambahan perahu (5 unit) dan jalan non status sepanjang 2,3 KM.

Dalam kunjungan kerjannya, Dirjen M Nurdin didampingi anggota komisi V DPR RI Willem Wandik, Direktur pembangunan dan pengembangan sarana dan prasarana kawasan transmigrasi Sigit Mustopa, dan Direktur promosi dan kemitraan Heriyanto.

Kunjungan kerja ini sebagai komitmen dan keseriusan pemerintah khususnya kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi dalam upaya membantu mempercepat pembangunan ekonomi di wilayah KTM Salor.

Dalam sambutannya M Nurdin menyampaikan, “dukungan penuh kepada warga Transmigrasi untuk mempercepat peningkatan ekonomi khususnya warga Transmigran dan menampung aspirasi warga Transmigran,” ujarnya pada kunjungan di Merauke, Kamis, (15/11).

Kegiatan kali ini, ada dua agenda.  Selain mengunjungi warga transmigran di Salor M Nurdin juga melaksanakan tanam perdana kelapa sawit di Distrik Ulilin kabupaten Merauke untuk melaksanakan program kemitraan dengan PT. Internusa Jaya Sejahtera (IJS) penanaman kelapa sawit di area Transmigrasi yang melibatkan masyarakat banyak.

M Nurdin menyatakan,  “tiga point penting pertama kerjasama ini untuk peningkatan ekonomi atau kesejahteraan warga, kedua mengurangi kesenjangan, tiga pembangunan harus adil dan merata. Program ini mensupport kebijakan Presiden dan wakil presiden melalui nawacitanya yg ke 3 Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan," ujarnya.

“Dukungan lapangan kerja, infrastruktur mempermudah koneksi kawasan-kawasan baik antar desa atau kabupaten mempengaruhi kelangsungan hidup masyarakat” ungkap anggota DPR RI komisi V Willem Wandik di Distrik Ulilin Kabupaten Merauke.

Kegiatan terakhir yang dilaksanakan Dirjen PKTrans di Merauke yaitu mengadakan rapat temu bisnis dengan mitra yang bertempat di Swiss-belhotel 16/11/2018,Merauke.

Acara tersebut dihadiri oleh Perwakilan dari PT. Internusa Jaya Sejahtera, Dinas Transmigrasi Kabupaten Merauke serta pejabat dilingkungan Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi.

Hasil rapat tersebut menyepakati kerjasama dengan pihak swasta yang didukung pemerintah daerah kabupaten Merauke. Diharapkan kerjasama ini bisa berjalan lancar sesuai target dan sasaran guna mengangkat perekonomian warga, menghindari kesenjangan dan pemerataan pembangunan, khususnya di permukiman transmigrasi. (*)

KEYWORD :

Percepatan Pembangunan Kawasan Transmigrasi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :