Kamis, 25/04/2024 18:09 WIB

Sportivitas Catur Diharapakan Bisa Menular ke Suporter Sepakbola

Dua atlet catur tanah air beradu skill

Jakarta - Menpora Imam Nahrawi mengapresiasi olahraga catur yang sangat menghargai sportivitas. Karena itu, Menpora terobsesi mendamaikan perseteruan suporter sepakbola di Tanah Air dengan mengandalkan papan catur.

“Selama ini gak pernah orang bertanding catur berkelahi. Mereka satu sama lain akur. Suporter yang kalah mengakui pihak yang menang. Tidak seperti di sepakbola. Karenanya saya terobsesi memberikan papan catur kepada suporter sepakbola. Silakan mereka bermain, pasti tak akan berkelahi,” ujar Menpora saat membuka secara resmi JAPFA Chess Festival 2018 di Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta, Selasa (13/11).

Caleg PKB Daerah Pemilihan Jakarta Timur ini bersyukur karena diberi kesempatan membuak Festival Catur Japfa yang akan berlangsung 13-17 November 2018. "Saya betul-betul merasa beruntung bisa ada di sini untuk melihat festival catur. Disini penuh diisi oleh para pecatur hebat. Terima kasih JAPFA dan KONI yang terus mengembangkan olahraga catur di Indonesia,” tambahnya.

Menurutnya, olahraga catur ini menunjukkan sisi sportif, saling respek hingga saling menghargai. Momentum ini harus dijaga demi kejayaan olahraga Indonesia.

“Saya membayangkan, kalau setiap RT/RW di Indonesia bermain catur, pasti situasi damai dan tentram, permasalahan yang ada mudah-mudahan beres. Karenanya, festival ini harus didukung, Kemenpora terus mendukung. Karena fetival ini diselenggarakan di Wisma Kemenpora, harus gratis,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Ketua Umum PB Percasi, GM Utut Adianto berharap, kejuaraan festival ini dapat berlangsung secara sportif dan juga dengan suasana yang penuh gembira.

“Percasi bertekad melahirkan Grand Master. Kita sudah melahirkan pecatur hebat seperti Irene Kharisma, Susanto Megaranto, Medina, dll. Kita harap melalui kejuaraan ini dapat melahirkan pecatur-pecatur yang hebat,” jelasnya.

Japfa Chess Festival yang menyediakan hadiah total Rp 162,5 juta dan USD 1.600 mempertandingkan 12 nomor pertandingan. Nomor pertandingan utama adalah Duel Meet Grand Master Medina Aulia (Indonesia) melawan Grand Master Janella Frayna (Filipina).

KEYWORD :

Suporter Sepakbola Cabang Catur




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :