Sabtu, 20/04/2024 07:16 WIB

Kursi Roda Stephen Hawking Terjual Rp5,7 Miliar

Perjalanan hidup  selama 76 tahun yang wafat pada Maret lalu, Hawking harus menggunakan kursi roda akibat penyakit motor neuron yang dideritanya.

Kosmolog, fisikawan dan penulis terkenal Stephen Hawking memiliki IQ yang luar biasa yakni 160

Jakarta - Siapa yang tak kenal Stephen Hawking. Orang pintar ini semasa hidupnya banyak menghabiskan waktunya di kursi roda "pintar" yang jadi andalan kesehariannya. Tak ayal lagi, makanya banyak yang memburu "senjata" pamungkas miliknya itu.

Para pemburu "Hawking" juga mengincar benda-benda lainnya. Dari Tesis, medali, hingga manuskrip miliknya.  Pada pekan lalu, kursi roda fisikawanini terjual hampir terjual hampir 300 ribu poundsterling atau setara kisaran Rp5,7 miliar pada pelelangan amal.

Perjalanan hidup  selama 76 tahun yang wafat pada Maret lalu, Hawking harus menggunakan kursi roda akibat penyakit motor neuron yang dideritanya.

Dilansir Reuters,  disertasinya Hawking yang berisi 117 halaman dengan judul “Properties of Expanding Universes” dari 1965 terjual sekitar 584.750 pound sterling atau setara kisaran Rp11,16 Miliar. Angka tersebut di atas perkiraan awal 150 ribu pound sterling.

Barang miliknya yang dijual secara online, seperti seperti kumpulan esai, medali-medali, berbagai penghargaan dan salinan bukunya “Sejarah Singkat Waktu” yang ditandangani dengan cap jempol yang bersamaan surat-surat dan manuskrip-manuskrip milik Isaac Newton dan Albert Einstein.

Untuk medali dan penghargaan, terjual seharga 296.750 pounds atau sama dengan Rp5,67 miliar. Barang-barang itu dilelang oleh Balai lelang Christies selama sembilan hari yang bertajuk “On the Shoulders of Giants” untuk Yayasan Stephen Hawking dan Asosiasi Penyakit Motor Neuron.

KEYWORD :

Stephen Hawking Peraih Nobel Fisikiawan Balai Lelang




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :