Rabu, 24/04/2024 18:03 WIB

Liburan Natal dan Tahun Baru Bisa Mudik Gratis Loh, Ini Caranya

Kabar gembira bagi orang-orang yang ingin mudik pada libur natal dan tahun baru 2019 namun tak punya biaya

ilustrasi para pemudik

Jakarta - Kabar gembira bagi orang-orang yang ingin mudik pada libur natal dan tahun baru 2019 namun tak punya biaya. Pasalnya Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bekerjasama dengan PT Jasa Raharja menggelar program mudik gratis untuk menyambut libur natal dan tahun baru 2019.

Direktur Angkutan dan Multimoda Kementerian Perhubungan Ahmad Yani mengatakan dalam program Mudik Gratis Nataru 2018 kali ini, tersedia 50 unit bus untuk empat kota tujuan, yaitu Semarang, Yogyakarta, Boyolali, dan Solo.

Menurut Ahmad, para pemudik yang ingin mendapatkan fasilitas tersebut sudah bisa mendaftar sejak 08 November kemarin. Bahkan bisa dilakukan dengan dua cara yaitu secara online maupun offline.

"Untuk cara online dapat mengunjungi website: mudikgratis-hubdat.dephub.go.id, ataupun datang langsung ke kantor pusat Kemenhub di Jakarta," kata Ahmad, Selasa (13/11) di Jakarta.

Bagi yang telah mendaftar secara online, lanjut Ahmad, sesudah itu diwajibkan untuk melakukan verifikasi pendaftaran di Lobby Gedung Cipta Kantor Pusat Kemenhub di Jakarta.

Sementara itu Ahmad Yani menambahkan bahwa calon pemudik juga perlu melengkapi persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftar mudik gratis 2018.

"Persyaratan untuk mendaftar mudik gratis adalah KTP dan KK yang masih berlaku," tambahnya.

Masa pendaftaran mudik Gratis Nataru dibuka hingga 14 November 2018 mendatang. Sedangkan keberangkatan akan dilakukan pada tanggal 22 Desember dari Silang Monas Jakarta.

Ahmad Yani juga berharap dengan adanya program mudik gratis ini dapat mengalihkan minat masyarakat yang sering menggunakan sepeda motor sebagai kendaraan mudik menjadi menggunakan bus.

“Kami ingin dengan program ini juga dapat menekan angka kecelakaan sepeda motor selama Libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 serta memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin bertemu dengan keluarganya di kampung halaman,” ujarnya. (aa)

KEYWORD :

Mudik Gratis Libur Natal Tahun Baru




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :