Jum'at, 19/04/2024 08:18 WIB

Reza dan Winda Juara Nasional Pemuda Inspiratif

Para peserta finalis satu persatu secara begiliran melakukan presentasi. Presentasi pertama dilakukan oleh Reno Pati dengan ide Rumah Uppo atau Unit Pengolahan Pupuk Organik. Presentasi kemudian dilanjutkan hingga seluruh peserta melakukan pemaparan ide kreatifnya. 

Penyerahan hadiah kepada juara pemuda kreatif

Serang - Selesai sudah rangkaian panjang Pemuda Inspiratif 2018. Kegiatan yang digelar di 16 kota, 8 provinsi ini berakhir meriah pada acara grand final yang dihelat di pendopo Kabupaten Serang, mulai Minggu (11/11) pagi hingga malam.

Para peserta finalis satu persatu secara begiliran melakukan presentasi. Presentasi pertama dilakukan oleh Reno Pati dengan ide Rumah Uppo atau Unit Pengolahan Pupuk Organik. Presentasi kemudian dilanjutkan hingga seluruh peserta melakukan pemaparan ide kreatifnya.

Pemenang dari kompetisi ini adalah Reza Hazmi dan Winda Firdayanti. Reza menang berkat idenya di bidang wirausaha yakni Satu Kelurahan Satu Koperasi. Sementara Winda juga meraih gelar juara nasional Pemuda Inspiratif melalui idenya di bidang lingkungan yaitu I-Was (Integrated Waste Aquaculture System).

Reza yang mewakili Kota Tangerang menang melalui idenya yang bertujuan untuk memaksimalkan potensi wilayahnya. Salah satunya ialah dengan menciptakan produk sari brenuk. Kegiatan ini melibatkan karang taruna Karang Tengah Tangerang.

Tak hanya sekedar presentasi, Reza pun menghadirkan lima anggota karang taruna Karang Tengah. Pada saat presentasi Reza mengungkapkan bahwa buah brenuk memiliki banyak manfaat. “Sari buah brenuk dapat dijadikan minuman. Sedangkan kulit cangkangnya dapat dijadikan pot tanaman. Inilah yang membuat saya membuat produk ini sekaligus untuk memaksimalkan potensi koperasi,” ujarnya.

Pemenang putri Pemuda Inspiratif diraih oleh perempuan asal Kediri Winda Firdayanti. Idenya I-Was dapat memberikan dampak positif terhadap berkurangnya sampah organik di lingkungan sekitarnya. Sampah organik tersebut dimaksimalkan oleh Winda untuk menjadi pakan ikan. “Setiap hari ada 234 kg sampah organik di sekitar saya yang kurang dimanfaatkan dengan maksimal. Maka itu, saya pun mencetuskan ide I-Was.

Selain Reza dan Winda, pada grand final Pemuda Inspiratif juga diumumkan pemenang peringkat kedua serta ketiga. Juara kedua berhasil dimenangkan oleh Arman Maulana yang mewakili Purwakarta dengan ide Dari Limba Jadi Rupiah dan Indrayati Sri Maulina wakil Banda Aceh yang memiliki ide E-Doll.

Gelar juara ketiga kompetisi nasional Pemuda Inspirtif berhasil diraih oleh Robby Wahyu Riyadi dari Padang dengan ide Tanah Ombak dan Sandika Dewi Rosalini yang merupakan wakil dari Tangerang dengan ide Speak Disability Academy powered by Speak Project.
Kegiatan grand final juga dihadiri oleh sejumlah pejabat penting Asdep Standardisasi dan Infrastruktur Pemuda Kemenpora, Zainal Aimini, Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy, dan Wakil Bupati Serang Panji Tirtayasa.

Pada kesempatan tersebut Zainal mengungkapkan, perjalanan para kontestan grand final tidak boleh berhenti hanya di Pemuda Inspiratif.
“Lanjutkan kegiatan yang terus menginspirasi masyarakat. Saya yakin dengan adanya Pemuda Inspiratif, para kontestan grand final akan memberi inspirasi bagi lebih banyak pemuda di lingkungan sekitarnya,” ujarnya.

Penutupan grand final Pemuda Inspiratif semakin meriah dengan kehadiran band Rocket Rockers yang disambut antusias oleh publik Serang. Ribuan masyarakat hadir untuk menyaksikan closing ceremony Pemuda Inspiratif.

KEYWORD :

Pemuda Kreatif Banten




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :