Sabtu, 20/04/2024 18:29 WIB

Kementan Safari Panen Jagung di Jawa Timur

Kementan akan berkomitmen menyerap jagung produksi petani dan memenuhi kebutuhan pakan ternak, baik untuk kebutuhan industri pakan ternak maupun peternak mandiri.

Kementerian Pertanian Safari panen jagung di Jawa Timur (Foto: Ist)

Mojokerto  - Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH), Kementerian Pertanian (Kementan) bersama petani dan Perum Bulog melakukan Safari Panen Jagung di beberapa wilayah di Jawa Timur, Sabtu (10/11).

Direktur Kesehatan Hewan Fadjar Sumping Tjatur Rasa mengatakan, keluhan kurangnya stok jagung pakan ternak terjawab dengan masih tersedianya jagung di Mojokerto, Jawa Timur.

"Kementerian Pertanian juga memastikan petani jagung  saat ini menikmati harga yang layak", ungkap Fadjar di sela panen 52 hektare jagung di Desa Kedunglengkong Mojokerto.

Fadjar menambahkan Kementan akan berkomitmen menyerap jagung produksi petani dan memenuhi kebutuhan pakan ternak, baik untuk kebutuhan industri pakan ternak maupun peternak mandiri.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pertanian Mojokerto Soelistyowati Dinas memberikan reward bagi petani yang mampu mempertahankan lahannya diberikan bantuan irigasi tersier, pompa air, hand traktor, combine harvester.

Kabupaten Mojokerto telah memiliki peraturan daerah Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) untuk menjamin petani terus bertani dan lahan pertanian tidak menyusut.

Menurut Moh Duhri Ketua Kelompok Tani Mulyo saat ini petani bahagia harga jagungnya bagus. Meskipun jagung mereka dibeli oleh para bakul jagung, harga saat ini berkisar antara 3.700 hingga 3.800 per kg kering panen dengan produksi 7, 5 ton per hektar.

Duhri bersama 62 orang anggotanya berharap harga tidak jatuh lagi hingga 2.900 seperti 3 bulan lalu. Harapan besar mereka agar pemerintah dapat membantu menjaga kestabilan harga agar tidak terlalu rendah.

Harapan lainnya, mereka berharap Kementan dapat membantu mencarikan solusi air bagi sawah mereka. Kebutuhan pompa air dan sumur sangat penting saat ini. Petani Lengkong berharap anak muda di desanya bisa melanjutkan menggarap pertaniannya.

"Bila harga dapat dijamin bagus dan memberi untung, anak muda di desa ini gak akan lari bekerja di pabrik," ujar Duhri.

 

KEYWORD :

Safari Panen Jagung Jawa Timur Harga Jagung




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :