Rabu, 24/04/2024 07:54 WIB

Batu Zamrud Berbobot 1,1 KG Ditemukan

Inkalamu akan dibagi menjadi ratusan bagian setelah dijual. Pada tahun 2010, sebuah emerald 6,225 karat yang disebut

Temuan baru zamrud (Foto ilustrasi)

Ankara - Sebuah batu zamrud besar berbobot 1,1 kilogram ditemukan di sebuah tambang di Zambia. Dikabarkan LiveScience,  Zamrud terbesar sebelumnya telah ditemukan di Brazil pada 2001 yang diberi nama "Bahia", memiliki berat sekitar 381 kilogram.

Batu yang diperkirakan bernilai GBP2 juta (Rp38,8 miliar) itu ditemukan oleh Gemfields, sebuah perusahaan pertambangan Inggris, di tambang zamrud Kagem dan menamakannya "Inkalamu" yang berarti singa dalam bahasa lokal Bemba.

"Perusahaan, yang berencana untuk memotongnya menjadi bagian yang lebih kecil untuk dilelang bulan depan di Singapura, menggambarkannya sebagai batu yang memiliki kejelasan yang luar biasa dan rona hijau emas yang seimbang dengan sempurna," menurut LiveScience.

Gemfields mengumumkan bahwa mereka akan menempatkan batu itu dalam lelang bulan ini di Singapura dan berjanji untuk membagi 10 persen dari pendapatan penjualan kepada dua organisasi lokal yang bekerja untuk perlindungan singa.

Inkalamu akan dibagi menjadi ratusan bagian setelah dijual. Pada tahun 2010, sebuah emerald 6,225 karat yang disebut "gajah" juga ditemukan di Kagem. (AA)

KEYWORD :

Batu Zamrud Logam Mulia Perhiasan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :