Kamis, 25/04/2024 06:04 WIB

Aries Susanti Kembali Juara, Jaelolo Raih Perak

Atlet panjat tebing Indonesia kembali mendulang gelar dalam seri Piala Dunia Panjat Tebing (IFSC) di Xiamen, China, yang digelar 27-28 Oktober 2018.

Atlet panjat tebing Aries Susanti (Foto: ANTARA)

Jakarta – Atlet panjat tebing Indonesia kembali mendulang gelar dalam seri Piala Dunia Panjat Tebing (IFSC) di Xiamen, China, yang digelar 27-28 Oktober 2018.

Adalah Aries Susanti Rahayu, perempuan berjuluk Spiderwoman ini sukses merajai podium setelah mengalahkan wakil Rusia Iuliia Kaplina, dengan catatan waktu 7,532 detik di kelas Women Speed.

Kaplina yang sempat unggul satu langkah di depan Aries, terjatuh di detik ke-6,20, sehingga menjadi keuntungan bagi peraih emas di Asian Games 2018 tersebut.

Sementara hasil baik juga diraih Aspar Jaeololo dari kelas Men Speed. Pria asal Palu tersebut berhasil meraih peringkat kedua, pasca kalah dari atlet Prancis B. Mawem, dengan mengoleksi waktu 5,620, terlambat 0,02 detik dari Mawem.

Prestasi ini mengantarkan keduanya naik peringkat di klasemen sementara panjat tebing dunia. Aries berada di posisi ke-2 dengan 420 poin. Dia hanya kalah dari Anouck Jaubert, yang mengoleksi 550 poin.

Begitu pula Jaelolo. Dengan kemenangan tersebut, dia kini berada di peringkat ke-6 dunia dengan jumlah 341 poin. Jaelolo kalah dari Aleksandr Shilov (358 poin), Reza Alipourshenazandifar (415 poin), Dmitrii Timofeev (429 poin), Danyil Boldyrev (437 poin), dan Bassa Mawem (448 poin).

Diketahui, ini merupakan gelar kedua yang dipersembahkan panjat tebing di pentas internasional, pasca Asian Games 2018.

Sebelumnya, Aries dan Jaelolo sama-sama mempersembahkan juara dunia dalam International Federation of Sport Climbing (IFSC) di Wujian, China pada 21 Oktober lalu.

Hasil ini membuat Ketua Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Faisol Reza bangga. Gelar yang ditorehkan oleh Aries dan Jaelolo, menurut Faisol, merupakan kerja sama seluruh pihak, mulai dari para atlet, pelatih, hingga pemerintah yang dalam hal ini Menteri Pemuda dan Olahraga.

“Semoga hasil positif ini terus berlanjut hingga iven Asian Championship di Kurayushi, Jepang yang akan berlangsung pada 7-11 November nanti,” ujar Faisol.

KEYWORD :

Panjat Tebing Aries Susanti Aspar Jaelolo




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :