Jum'at, 26/04/2024 04:59 WIB

Hindari Wamil, Pesepakbola Korea Palsukan Dokumen

Bek Jang Hyun-soo menghindari wajib militer setelah memenangkan emas di Asian Games 2014. Jang juga menyerahkan dokumen bahwa ia telah menyelesaikan hampir 200 jam pelayanan masyarakat pada Desember tahun lalu.

Pesepakbola Korea Selatan Bek Jang Hyun-soo (Foto: AFP)

Seoul - Seorang pemain Korea Selatan mengundurkan diri dari tim nasional, setelah mengakui bahwa dia memberikan dokumen palsu agar bebas dari wajib militer. Demikian disampaikan oleh Asosiasi Sepak Bola Korea, pada Minggu (28/10).

Seperti diketahui khalayak, seluruh pria Korea Selatan berbadan sehat yang berusia 18 hingga 28 tahun harus mengikuti wajib militer selama 21 bulan.

Akan tetapi regulasi ini tidak berlaku bagi pemenang medali Olimpiade dan peraih medali emas Asian Games, yang diberikan pengecualian khusus.

Bagi atlet berprestasi, mereka tetap diminta menyelesaikan pelatihan dasar militer hingga 60 hari, serta 544 jam layanan komunitas yang berhubungan dengan olahraga.

Bek Jang Hyun-soo menghindari wajib militer setelah memenangkan emas di Asian Games 2014. Jang juga menyerahkan dokumen bahwa ia telah menyelesaikan hampir 200 jam pelayanan masyarakat pada Desember tahun lalu.

Tapi kemudian diketahui bahwa ada salju tebal pada hari dimana Jang mengaku telah melakukan pelajaran sepak bola luar ruangan.

Dalam sebuah pernyataan KFA mengatakan bahwa Jang telah "menimbulkan kontroversi" dan akan dikeluarkan dari dua pertandingan persahabatan di Australia bulan depan.

Pernyataan itu menyebut Jang, yang mewakili Korea Selatan di Piala Dunia 2018 dan Olimpiade 2016, telah meminta dikeluarkan dari tim nasional untuk pertandingan melawan Australia dan Uzbekistan pada November guna menyelesaikan layanan komunitasnya.

"Saya sangat menyesal telah menyebabkan kekecewaan," kata Jang seperti dikutip dalam pernyataan KFA.

"Saya sangat menyesalkan apa yang saya lakukan," katanya, seraya menambahkan bahwa dia akan setia melaksanakan dinas masyarakatnya setelah musim berakhir.

Korea Selatan baru-baru ini mengisyaratkan kemungkinan reformasi program pembebasan layanan militer kepada atlet dan seniman untuk pencapaian mereka.

Pemain bintang Tottenham Hotspur, Son Heung-min adalah satu di antara puluhan warga Korea Selatan yang menghindari dinas militer dengan membawa pulang emas di Asian Games tahun ini di Jakarta.

KEYWORD :

Korea Selatan Wajib Militer Dokumen Palsu




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :