Jum'at, 19/04/2024 16:37 WIB

Xavi Ogah Ikuti Cara Melatih Mourinho

Mantan bintang Barcelona Xavi mengatakan dia tidak akan pernah melatih tim untuk bermain dengan cara yang sama seperti yang dipakai oleh Jose Mourinho.

Xavi Hernandes (Foto:IndoSport)

Jakarta - Mantan bintang Barcelona Xavi mengatakan dia tidak akan pernah melatih tim untuk bermain dengan cara yang sama seperti yang dipakai oleh Jose Mourinho.

Barca menghadapi Inter di Liga Champions pada Rabu dalam pengulangan pertandingan semi final 2009-10, ketika Nerazzurri menang agregat 3-2 setelah penampilan defensif 10-orang yang mengesankan di Camp Nou di leg kedua.

Mourinho membawa Inter meraih treble musim itu sebelum menuju LaLiga untuk mengambil alih di Real Madrid, di mana persaingan dengan Barca Pep Guardiola menjadi ganas selama tiga tahun bertugas.

Meskipun Xavi menerima tim Mourinho sulit dikalahkan, namun dia menegaskan akan menggunakan taktik berbeda jika dia menjadi pelatih kepala setelah pensiun dari bermain.

"Mourinho adalah pelatih yang sangat defensif. Bermain melawan Inter tidak mudah," kata pemain tengah Al-Sadd dikutip Soccerway.

"Itulah gayanya dan ia mempraktikkannya dengan Chelsea dan Real Madrid. Dia peduli tentang semua rincian, dia menutup celah dan dia tidak memberi Anda ruang," tambahnya.

"Saya suka jenis sepakbola yang berbeda. Saya tidak mengkritik, tapi saya tidak suka bermain sepak bola dengan cara itu dan tim saya tidak akan pernah memiliki sikap seperti itu."

Xavi lebih menyukai cara melatih Guardiola yang dinilai mampu mengatur pemain dengan sangat baik.

"Guardiola bukan hanya pemain sepakbola yang luar biasa tapi ia juga pelatih yang sangat peduli tentang detail gerakan defensif dan timnya sangat terorganisasi," kata Xavi.

"Jika dia mengatakan bahwa dia ingin mencoba pengalaman dalam sepak bola Italia, Anda dapat yakin bahwa, cepat atau lambat, dia akan datang. Dan, mengingat apa yang saya ketahui tentang dia, dia tidak akan datang untuk mengambil bagian."

Xavi, yang berusia 39 tahun pada Januari, mengakui bahwa ini mungkin adalah beberapa bulan terakhir dari karir bermainnya yang luar biasa, meskipun dia belum mengkonfirmasi niatnya.

"Ini belum waktunya untuk pengumuman atau selamat tinggal, tapi aku sudah berpikir dengan jelas tentang apa yang akan kulakukan."

KEYWORD :

Xavi Mourinho Barcelona




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :